×

blog/wajib-dilakukan-begini-perawatan-mobil-setelah-mudik-042022

Wajib dilakukan, Begini Perawatan Mobil Setelah Mudik

28 Apr 2022

Guna menjaga performanya agar tetap prima, ada perawatan mobil setelah mudik yang wajib kamu lakukan.

Pasalnya, akibat digunakan secara terus menerus, berbagai masalah bisa saja timbul ketika mobil digunakan jarak jauh. Belum lagi kondisi jalan yang rusak dan banyaknya barang bawaan yang diangkut mobil.

Baca juga: Tips Menghemat BBM Mobil saat Digunakan Mudik Lebaran

Untuk perawatannya sendiri tidak berbeda jauh dari perawatan rutin, hanya saja kamu harus mengeceknya secara menyeluruh. Begini caranya!

 

Cek sistem pengereman

Perawatan mobil setelah mudik yang pertama adalah melakukan pengecekan pada rem. Ketika mobil digunakan jarak jauh, heavy braking atau pengereman dengan menginjak pedal dalam-dalam kerap dilakukan oleh pengemudi. 

Oleh karenanya, lakukan uji mulai dari rem depan, rem belakang hingga rem parkir. Apabila terasa kurang pakem, disarankan untuk mengganti kanvas atau minyak rem.

 

Cek kondisi plat kopling

Kopling merupakan komponen yang dipakai ketika kamu memindahkan gigi, baik maju atau mundur. Komponen ini akan membuka tutup aliran tenaga dari mesin ke sistem penggerak.

Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Apabila tidak berfungsi dengan baik, kenyamanan dan keamanan berkendara yang akan menjadi korbannya. Untuk itu, cek kondisi kopling usai mobil digunakan jarak jauh.

Lamanya usia kopling dan pemakaian yang secara terus menerus menyebabkan plat kopling menjadi cepat aus.

 

Periksa kondisi busi

Busi merupakan komponen yang berfungsi memantikkan api listrik dalam proses pembakaran di ruang mesin, sehingga apabila komponen ini bermasalah maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna, dampaknya mesin sulit bahkan tidak bisa dihidupkan

Baca juga: Tips Memasang dan Aturan Roof Box yang Aman untuk Mudik

Sama seperti plat kopling, busi akan alami penurunan performa jika digunakan secara terus menerus. Untuk melengkapi perawatan mobil setelah mudik, periksalah kondisinya. 

Jika mobil dalam keadaan idle dan putaran mesin terasa tidak halus, kemudian timbul getaran-getaran tidak normal ketika mobil dalam keadaan diam tandanya busi bermasalah. 

Kemudian apabila tuas gas terasa berat ketika diinjak, hal itu juga menunjukkan bahwa busi mobil harus diganti.

 

Cek kembali cairan radiator

Mesin membutuhkan proses pendinginan yang ekstra ketika mobil digunakan jarak jauh, disinilah radiator akan menjalankan fungsinya sebagai pendingin mesin.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Biasanya, cairan coolant yang ada di radiator akan berkurang. Oleh karenanya, cek kembali cairan tersebut, jika berkurang segera tambahkan untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin mobil. 

Sedangkan, jika kondisinya keruh, saat melakukan perawatan mobil setelah mudik, gantilah cairan radiator dengan yang baru.

 

Periksa kondisi oli dan filter

Perawatan mobil setelah mudik selanjutnya, cek kondisi oli atau minyak pelumas. Gunakan tongkat indikator oli untuk mengecek volumenya. Pastikan volumenya tidak kurang dari batas batas bawah yang tertera di tongkat tersebut. Jika kurang, tambahkan secukupnya. 

Perhatikan juga apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya seperti berwarna coklat, keruh atau kental. Jika terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel terpercaya.

Baca juga: Cara Mengelola Uang THR Agar Lebih Hemat saat Beli Mobil

Kemudian untuk filter oli, jika kondisinya sudah kotor sebaiknya segera diganti. Pasalnya, komponen penyaring kotoran ini tidak disarankan untuk dibersihkan dan digunakan berkali-kali.

 

Periksa bagian kaki-kaki

Bagian kaki-kaki bekerja menyangga beban cukup berat, terlebih saat mudik biasanya muatan mobil lebih banyak dibandingkan dengan pemakaian sehari-hari, belum lagi jalan yang dilalui kurang bagus, sehingga membuat kondisinya rawan menurun.

Beberapa komponen seperti tie-rod, ball-joint, bushing arm, dan bearing perlu diperiksa atau diganti bila perlu. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Kemudian, jika setir mobil terasa kurang nyaman, segera lakukan spooring dan balancing. Cek baut-baut ban dan tekanan angin ban agar tetap aman dan nyaman digunakan setelah perjalanan jauh.

 

Cek bodi dan cuci bersih

Goresan hingga penyok bisa saja terjadi pada mobil tanpa disadari, untuk itu jangan lupa cek setiap bagian bodinya. Jika ingin mobil tetap terlihat kece, kamu bisa membawanya ke bengkel atau salon mobil.

Mobil juga cenderung lebih kotor setelah diajak melakukan perjalanan jauh. Bukan cuma bodinya aja, kolong mobil hingga interiornya pun juga. Maka dari itu, cucilah mobil secara menyeluruh. 

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Kamu bisa mencucinya sendiri di rumah, namun untuk memastikan bagian kolong juga bersih sebaiknya dibawa ke tempat cuci mobil.

Selain untuk meminimalisir menurunnya performa mobil, perawatan dan pengecekan ini juga berguna untuk menjaga harga jual mobil. Mobil dengan kondisi mesin yang masih berfungsi dengan baik akan lebih mudah menarik calon pembeli. 

Jadi saat ingin menjualnya, kamu juga tidak segan untuk mengajukan harga yang tinggi, mengingat kualitas mobil yang kamu jual tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Sebelum menjualnya, pastikan juga untuk mengecek seluruh kondisi mobil. Jika ada kerusakan atau sesuatu yang mengganggu tampilan mobil, jangan ragu untuk memperbaikinya di bengkel resmi agar ditangani oleh tangan profesional.

Kalau sudah begitu, mobil kamu dijamin dapat penawaran terbaik! Apalagi kalau jualnya di mo88i!

Tunggu apalagi? Yuk jual mobil di mo88i, sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan