×

blog/tips-merawat-ac-mobil-dan-mengaturnya-selama-puasa

Tips Merawat AC Mobil dan Mengaturnya Selama Puasa

31 Mar 2022

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara selama berpuasa, merawat AC mobil merupakan salah satu caranya. Sebab kondisi suhu kabin dapat mempengaruhi seseorang ketika berkendara, terlebih selama puasa biasanya tubuh lebih cepat dehidrasi. 

Apabila tidak dirawat dengan baik, komponen yang berfungsi sebagai penyejuk ini tidak akan bekerja dengan maksimal alhasil kondisi kabin jadi tidak nyaman, mulai dari suhu yang tidak dingin, hingga timbul bau tidak sedap yang dapat menurunkan konsentrasi saat berkendara. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Untuk itu, yuk rawat AC mobil kamu, begini caranya.

 

Jaga kebersihan kabin 

Kabin mobil yang kotor dapat mengganggu kinerja AC dan membuatnya jadi tidak dingin. Bukan cuma itu, udara yang dihembus juga jadi tidak sehat karena kotor. 

Terlebih mengingat AC menggunakan sistem sirkulasi tertutup dan memanfaatkan udara di kabin untuk didinginkan secara berulang.

 

Hindari membuka kaca terlalu lama

Jika tidak ada kepentingan seperti harus membayar tol atau parkir, sebaiknya tidak membuka kaca, terlebih untuk waktu yang lama. Hal ini untuk mencegah kotoran dan debu masuk ke kabin serta menjaga kabin agar tetap sejuk sehingga kerja AC tidak terlalu berat.

Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas

Selain itu, membuka kaca terlalu lama hanya akan membuat suhu dingin yang dihembuskan AC menjadi sia-sia.

 

Jangan merokok di dalam mobil

Untuk merawat AC mobil, hindari merokok di dalam mobil. Sebab, asap rokok menimbulkan aroma tidak sedap yang akan menempel di berbagai sudut kabin serta sulit dihilangkan. 

Selain itu, asapnya bisa mengotori evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tidak sedap dan sulit hilangkan.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Asap rokok yang menempel di filter kabin atau kabin AC juga bisa memicu kerusakan dan memperpendek usia pakai AC.

 

Bersihkan filter AC

Mengingat posisi filter AC berada di lokasi yang rentan kotor, yakni berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan, salah satu cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan memastikan kebersihan filter AC.

Dengan begitu, kualitas udara akan terjaga sehingga udara yang dihembuskan tetap segar dan bersih. 

 

Bersihkan kondensor AC

Selain filter AC, kondensor juga harus dijaga kebersihannya. Lakukanlah perawatan berkala pada bagian kondensor AC, bersihkan saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

 

Pilih pengharum yang tepat

Menggunakan pengharum mobil memang bisa bikin suasana kabin jadi lebih nyaman. Namun, jika pemilihannya tidak tepat bisa membuat AC cepat kotor, merusak interior seperti meninggalkan bercak noda, bahkan bila pengharum mengandung bahan kimia bisa mengotori kondensor AC.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harga Mobil Bekas Naik di Bulan Ramadan?

Untuk itu sebaiknya pilihlah pengharum yang terbuat dari bahan alami yang minim kandungan kimia. Soal aroma bisa kamu sesuaikan dengan selera.

 

Servis berkala

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan melakukan servis berkala. Saat servis berkala, seluruh komponen akan dicek kondisinya termasuk AC. 

Lakukan servis berkala sesuai buku panduan perawatan kendaraan yakni setiap 6 bulan atau 10.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

 

Operasikan dengan tepat

Cara pengooperasian yang tidak tepat juga bisa merusak AC, untuk itu jika ingin memperpanjang usia pakainya, hindari menyalakan AC saat suhu kabin masih dalam keadaan panas terlebih jika mobil terparkir di bawah paparan matahari dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Jual Mobil Paling Mudah dan Pasti Untung

Sebaiknya buang dulu suhu panas tersebut. Suhu panas menyebabkan AC mobil harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan suhu kabin.

Sementara itu, saat bulan puasa sebaiknya jangan mengatur temperatur terlalu dingin, apalagi jika kamu akan berada di dalam mobil dan terpapar AC dalam waktu yang lama. 

Penggunaan AC yang berlebihan bisa mempengaruhi stamina dan bikin cepat lelah terutama saat puasa. Mata juga menjadi cepat kering alhasil konsentrasi menurun.

Baca juga: Alasan Mengapa Daihatsu Xenia Bekas Masih Banyak Diminati

Saat kedinginan, tubuh kita ingin mengeluarkan panas dan energi sehingga jadi cepat lapar. Untuk itu disarankan untuk mengatur temperatur 24-26 derajat.

Merawat AC mobil tidak hanya bikin berkendara nyaman, tapi juga menjaga harga jual mobil apabila kamu menjualnya suatu hari. Kamu akan mendapatkan harga terbaik apabila menjual mobil dengan kondisi yang baik pula. 

Apalagi kalau kamu menjualnya di mo88i (dibaca: Mobi). Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat, sehingga kamu dijamin mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: Jual Mobil dan Tukar Tambah Tinggal TRIMA JADI? Bisa Banget di mo88i!

Bukan cuma itu, jual mobil bekas di mo88i juga berlipat ganda untungnya! Soalnya, selama bulan Ramadan bakalan ada promo Tebar Ketupat. Apa saja sih promonya? Tunggu tanggal mainnya ya!

Yuk jual mobil kamu di mo88i sekarang juga! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan