×

blog/tips-menghemat-bbm-mobil-saat-digunakan-mudik-lebaran-042022

Tips Menghemat BBM Mobil saat Digunakan Mudik Lebaran

27 Apr 2022

Buat kamu yang mau mudik, sebaiknya pelajari teknik mengemudi berikut ini untuk menghemat BBM mobil.

Pasalnya, melakukan perjalanan panjang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Belum lagi saat momen mudik Lebaran kondisi jalan besar kemungkinan macet, alhasil bikin BBM makin boros.

Tapi tenang, ada eco driving yang bisa bikin kamu bisa menghemat BBM mobil sehingga anggaran bisa ditekan.

Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Ya, teknik ini merupakan cara mengemudi dengan tujuan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar agar lebih efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan. 

Eco driving dinilai mampu menghemat waktu dan biaya. Bahkan teknik mengemudi ramah lingkungan ini juga dipercaya mampu memperpanjang usia pakai kendaraan karena kinerjanya tidak dipaksakan. Lalu, bagaimana caranya?

 

Tidak perlu memanaskan mesin

Untuk memulai teknik mengemudi eco driving, memanaskan mobil sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang lama. Apabila jarum penunjuk suhu mesin mobil bergerak, mobil sudah bisa dibawa melaju.

 

Kurangi penggunaan AC

Suhu dalam kabin sebaiknya diatur sekitar 25 derajat agar kerja kompresor tidak terlalu berat hingga membebani mesin. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Hindari menggunakan AC dengan suhu paling dingin seperti 16 atau 18 derajat secara terus menerus, karena kinerja mesin akan semakin berat alhasil konsumsi BBM meningkat.

 

Cek tekanan angin ban

Lakukan pengecekan tekanan angin ban secara rutin. Sebab apabila tekanan ban tidak berada pada tekanan normal, maka ban menjadi lebih berat dan membuat mesin bekerja lebih banyak sehingga konsumsi BBM lebih boros.

 

Jaga kecepatan konstan

Untuk menghemat BBM mobil, mengemudilah dengan kecepatan konstan. Sebagai contoh, hindari mobil melaju hingga melebihi 80 kilometer/jam. Kemudian lakukan perpindahan gigi di kisaran 2.000 rpm untuk mobil manual.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Sedangkan untuk mobil bertransmisi otomatis bisa pertahankan putaran mesin di sekitar 2.000 rpm. 

 

Manfaatkan engine brake

Untuk mengurangi laju kendaraan, bila ingin menghemat BBM mobil, kamu bisa gunakan engine brake atau melepas pedal gas. Saat menggunakan engine brake, mesin akan menghentikan suplai bahan bakar dan penggunaan bahan bakar akan lebih hemat.

 

Jangan lakukan akselerasi tiba-tiba

Jika mobil baru melaju dari kondisi, hindari menekan pedal terlalu dalam secara mendadak. Lakukan akselerasi secara perlahan sekitar 20 kilometer/jam selama 5 detik.

 

Gunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi

Gunakan bahan bakar yang sesuai anjuran, yaitu bahan bakar dengan nilai oktan yang disarankan sesuai buku manual kendaraan agar proses pembakaran optimal sehingga penggunaan BBM lebih efisien.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Jadi jangan takut boros saat mudik, ya. Dengan teknik mengemudi yang tepat kamu bisa menghemat BBM mobil dan menekan anggaran, kok!

Kalau belum ada mobil buat mudik, beli di mo88i (dibaca: Mobi), aja! Pilihannya banyak dan dijamin aman!

Soalnya, tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Odometer dan semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang biar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.



Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan