×

blog/tips-memeriksa-mobil-bekas-secara-menyeluruh

Tips Memeriksa Mobil Bekas Secara Menyeluruh

24 Mar 2022

Jika kamu berencana membeli mobil bekas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tips memeriksa mobil bekas. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan kondisinya mirip dengan mobil baru apabila diperiksa secara menyeluruh, teliti, dan sabar saat menyeleksi mobil bekas incaran.

Mobil bekas sendiri menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang terjangkau. Apalagi mau masuk bulan Ramadan gini, membeli mobil bekas bisa jadi peluang bisnis.

Baca juga: Rekomendasi Harga SUV Bekas di Bawah Rp 300 Juta

Misalnya berjualan makanan berbuka puasa, kuliner malam hingga sahur, bisnis pakaian gamis, kue-kue khas menjelang Lebaran, parcel hingga penyewaan mobil juga cukup diminati selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, jangan sampai niat semula ingin untung malah buntung akibat tidak cermat saat melakukan pengecekan dan berujung pada biaya perbaikan mobil yang membludak kedepannya. Yuk simak tips memeriksa mobil bekas berikut ini.

 

Eksterior

Sebelum melakukan pemeriksaan lebih dalam, cobalah lihat pada bagian eksterior mobil terlebih dahulu. Semakin mulu eksteriornya, artinya mobil bekas incaran kamu dalam kondisi terawat.

Baca juga: Deretan Mobil Sedan Bekas Terbaik di Jakarta

Pastikan kamu memperhatikan apakah ada penyok, karat, goresan pada cat mobil, atau baret mobil yang parah. Perhatikan secara keseluruhan, pastikan tidak ada gelombang di permukaannya.

Sebab, gelombang pada permukaan bodi mobil menandakan mobil pernah di cat ulang dengan pengecatan yang buruk.

Pengecekan eksterior tak cukup pada bodinya saja, periksa juga kondisi bagasi. Pastikan tidak ada kendala saat bagasi dibuka dan ditutup, serta tidak terdapat karat atau kerusakan yang disebabkan air hingga tanda keausan pada bagasi. 

Baca juga: Rekomendasi Harga Hatchback Bekas di Bawah Rp 150 Juta

Kolong mobil juga termasuk ke dalam bagian eksterior yang wajib kamu periksa kondisinya. Perhatikan pada bagian spakbor, apabila ada goresan artinya spakbor pernah diganti atau disetel ulang. Biasanya hal tersebut dilakukan apabila mobil pernah alami tabrakan.

Periksa juga bagian rangkanya, jika ditemui terdapat karat atau lubang kecil, sistem pembuangan berpotensi bocor di kemudian hari.

 

Interior 

Tips memeriksa mobil bekas selanjutnya adalah cek kondisi interiornya, mulai dari AC, lampu indikator, speedometer, head unit, audio, hingga electric car window. Pastikan tidak ada fitur yang luput dari proses pengecekan serta semuanya berfungsi dengan baik.

Baca juga: Rekomendasi Harga MPV bekas di Bawah Rp 200 juta

Cek juga kondisi kursi dan kain atau kulit pelapisnya apakah ada yang aus, robek, bernoda, atau kerusakan lain. Ketika digunakan, pastikan kursi mobil bisa disetel dan berfungsi dengan baik. 

Selanjutnya jangan lupa untuk mengecek di balik karpet dan karetnya, apakah ada sisa-sisa lumpur bekas terendam banjir atau tidak. Bau tidak sedap seperti apek juga bisa menjadi pertanda kalau mobil pernah terendam banjir.

 

Ruang mesin

Tips memeriksa mobil bekas selanjutnya adalah buka kap mesin untuk mengecek kondisi ruang mesin secara keseluruhan. Dari sini, kamu bisa tahu apakah mobil pernah turun mesin atau tidak.

Baca juga: Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas

Apabila tidak ditemukan adanya tanda-tanda ruang mesin pernah dicat, kemungkinan mobil belum pernah melakukan turun mesin.

Kemudian perhatikan juga getaran yang dihasilkan mobil dalam kondisi menyala. Jika terdapat getaran yang tidak wajar dan tidak seirama, artinya mesin sedang mengalami engine mounting atau sistem kelistrikan yang tersendat.

 

Suara mesin

Apabila mesin tidak mengeluarkan suara yang mengganggu dan cenderung halus tanpa adanya hentakan gas saat menyalakan komponen kelistrikan seperti audio dan AC, artinya mesin dalam kondisi yang bagus.

Baca juga: Cara Negosiasi Mobil Bekas di mo88i

Contoh suara yang dapat dikategorikan tidak wajar di antaranya suara gesekan plat besi hingga suara ketukan dari dalam mesin saat digas.

 

Knalpot dan gas buang

Tips memeriksa mobil bekas yang satu ini bertujuan untuk mencari tahu kondisi ruang pembakaran mesin. 

Knalpot yang mengeluarkan asap berwarna hitam merupakan indikasi pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Sedangkan apabila knalpot mengeluarkan asap berwarna putih, artinya terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Sementara itu, tidak perlu panik apabila kamu mendapati adanya tetesan air pada knalpot, sebab hal tersebut bukan merupakan tanda adanya masalah pada mesin, melainkan hal yang wajar.

 

Kaki- kaki

Tips memeriksa mobil bekas yang terakhir adalah cek kondisi kaki-kaki mobil. Apabila timbul bunyi-bunyi pada roda depan, kemungkinan tie rod atau bearing bermasalah.

Bunyi-bunyi di kaki mobil juga merupakan indikasi adanya kerusakan pada shockbreaker. Dampaknya, ban jadi tidak rata.

Baca juga: Coating Mobil Bekas, Mengapa Perlu dan Apa Fungsinya?

Cara mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil bekas juga bisa dari setir yang goyang serta mobil terasa melayang.

Selain tips memeriksa mobil bekas di atas, cara paling tepat untuk memeriksa kondisinya adalah dengan melakukan test drive. Sebab, rasa nyaman saat mengendarainya tidak akan bisa membohongi. 

Selain itu, saat melakukan test drive, semua panca indera akan bekerja, mulai dari penglihatan hingga pendengaran sehingga lebih akurat.

Baca juga: Cara Request Test Drive Mobil Bekas di mo88i

Untuk itu, beli mobil bekasnya di mo88i aja, yuk! Bisa test drive langsung di showroom atau diantar ke rumah. Keduanya bebas biaya, kok. No booking fee!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan