×

blog/tips-memeriksa-dan-beli-mobil-hybrid-bekas-042022

Tips Memeriksa dan Beli Mobil Hybrid Bekas

01 Apr 2022

Mobil hybrid bekas bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin mencicipi kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi mesin hibrida namun tetap menghadirkan kesan mewah serta nyaman saat digunakan.

Kehadiran mobil hybrid sendiri boleh dibilang merupakan bentuk transisi sebelum memasuki era kendaraan berbasis baterai listrik atau battery electric vehicle (BEV). 

Hal ini lantaran cara kerja mesin hybrid yang berasal dari bahan bakar minyak (BBM) dan motor listrik tenaga baterai sebagai sumber penggerak. Dengan kata lain, mobil hybrid merupakan perpaduan antara kendaraan konvensional dengan mesin listrik.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Kedua sumber tenaga tersebut tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan menyesuaikan situasi yang ada.

 

Sejarah mobil hybrid 

Teknologi ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Mobil hybrid sudah ada sejak 1900an, diciptakan oleh seorang pria Jerman yang bekerja untuk Lohner-Werke di Vienna, Austria, bernama Ferdinand Porsche. 

Mobil hybrid buatan Porsche diberi nama Porsche Lohner, dilengkapi dengan mesin bensin yang memiliki fungsi menyuplai bahan bakar ke generator, sehingga menghasilkan daya listrik yang kemudian disalurkan melalui motor di roda depan.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Mobil ini pertama kali dipamerkan pada Desember 1900 dan resmi menjadi mobil hybrid pertama di dunia. Sayangnya, pada awal tahun 1930an mobil hybrid mulai tenggelam. 

Namun mulai mendapatkan kembali popularitasnya di era 90an, hingga saat ini. Berbagai teknologi yang dibenamkan membuat mobil hybrid belakangan semakin diminati, berikut beberapa di antaranya.

 

Ramah lingkungan

Mobil hybrid hanya menghasilkan emisi gas buang atau limbah pembakaran dalam jumlah yang sedikit, sehingga tidak menimbulkan banyak polusi di udara dan hanya mengeluarkan sedikit sekali asap yang bahkan nyaris tidak terlihat.

 

Minim suara dan getaran

Mobil hybrid menggunakan kombinasi mesin listrik sehingga membuat suara mesin dan getaran yang lebih rendah. 

 

Perpindahan gigi terasa halus

Menggunakan transmisi bertipe Continuously Variable Transmission (CVT), sehingga saat berkendara dengan mobil hybrid, pengemudi maupun penumpang akan merasakan perpindahan gigi yang sangat halus bahkan nyaris tidak terasa.

 

Hemat bahan bakar

Kelebihan mobil hybrid merupakan yang paling populer, perpaduan dua jenis mesin yang digunakan pada mobil ini membuatnya lebih hemat bahan bakar. 

Sebab, penggunaan BBM langsung ditiadakan saat berkendara di tengah kemacetan dan mobil bergerak menggunakan motor listrik.

 

Akselerasi dan kecepatan meningkat

Mobil hybrid juga memiliki akselerasi dan kecepatan yang cukup baik lantaran dua mesin yang dimilikinya saling mendukung untuk menambah kekuatan.

Baca juga: Cara Negosiasi Mobil Bekas di mo88i

Jika melihat Kelebihan mobil hybrid, tidak heran mobil ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Tapi jangan khawatir, ada mobil hybrid bekas yang bisa dijadikan alternatif jika kamu tertarik untuk memilikinya.

 

Tips beli mobil hybrid bekas

Perlu diingat kalau mobil hybrid bekas lebih kompleks dan lebih canggih dari mobil bekas biasa. Untuk itu, simak tips pengecekan mobil hybrid bekas di sini, yuk! 

 

Cek riwayat servis

Pastikan kamu mengecek buku riwayat servis mobil hybrid bekas incaran sebelum membelinya. Melalui buku riwayat servis, kamu bisa mengetahui perbaikan apa saja yang pernah dilakukan. 

Baca juga: Alasan Mengapa Daihatsu Xenia Bekas Masih Banyak Diminati

Periksa catatan perbaikan mobil terutama pada sektor sistem hybrid seperti kelistrikan, penggerak hybrid, dan baterai traksi.

Ketiga komponen tersebut jangan sampai terlewatkan karena efisiensi dan kinerja mobil hybrid bergantung pada kinerja sistem hybrid.

Apabila masih belum yakin dengan kondisi mobil hybrid, konsultasikan dengan bengkel resmi dan lakukan scan OBD.

 

Periksa sistem hybrid

Pastikan sistem hybrid masih dalam kondisi yang bagus dengan cara melihat informasi yang ada pada layar digital yang terintegrasi pada area dashboard. Semua informasi yang berhubungan dengan sistem hybrid-nya bisa ditampilkan pada layar tersebut. 

Baca juga: Rekomendasi Harga MPV bekas di Bawah Rp 200 juta

Seperti dari kondisi baterai, kondisi mesin listriknya, apakah keduanya masih bekerja dengan baik atau terlihat pesan error pada layar. 

 

Test drive

Layaknya membeli mobil pada umumnya, test drive juga harus dilakukan saat kamu hendak membeli mobil hybrid bekas. 

Berbeda dengan mobil konvensional, pada saat kunci kontak dinyalakan biasanya mobil hybrid tidak mengeluarkan suara starter. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harga Mobil Bekas Naik di Bulan Ramadan?

Kemudian untuk kondisi jalan di awal, mobil hybrid hanya menggunakan mesin listriknya saja, sehingga jangan panik apabila tidak terdengar suara apapun, sebab hal tersebut normal adanya.

Begitupun saat mobil hybrid masih berjalan dalam kecepatan di bawah 40 kilometer per jam, yang terjadi hanya mesin listrik yang terdengar. Lain halnya kalau baterai dalam keadaan kosong, maka mesin normal akan menyala untuk mengisi daya baterainya.

 

Kondisi baterai

Menurut beberapa pabrikan, baterai yang digunakan pada mobil hybrid bisa bertahan hingga 200.000 atau bahkan 250.000 kilometer.

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Untuk itu, sebaiknya hindari membeli mobil hybrid bekas dengan kilometer di atas angka tersebut, seperti Lexus RX 450 HYBRID keluaran tahun 2012 ini. 


Mobil bekas hybrid berkelir abu metalik ini angka odometernya masih berada di 98.403 kilometer. 

Hadir dengan baterai Ni-MH sebanyak 240 sel serta mesin 8AR-FTS berkapasitas 3.500 cc yang mampu menyemburkan daya 308 daya kuda pada 6.000 RPM serta menggunakan sistem penggerak 4 roda.

Baca juga: Tips Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

Bermacam fitur keselamatan berkendara juga disematkan, mulai dari pre-collision system untuk antisipasi tabrakan, lane departure alert untuk mengingatkan pengemudi agar tetap pada lajur yang benar.

Lalu ada juga adaptive high beam untuk menyesuaikan ketinggian sorot lampu depan, hingga dynamic radar cruise control.

Menarik, bukan? Jika ingin membawanya pulang, kamu bisa membelinya di mo88i (dibaca: Mobi) seharga Rp 518 juta.

Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas

Tenang, dijamin aman, kok! Soalnya semua unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Beli mobil bekas di mo88i juga dijamin untung! Soalnya, selama bulan Ramadan bakalan ada promo Tebar Ketupat. Apa saja sih promonya? Tunggu tanggal mainnya ya!

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Makanya ikuti terus informasi terkini, kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore. Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan