×

blog/tips-memasang-dan-aturan-roof-box-yang-aman-untuk-mudik-042022

Tips Memasang dan Aturan Roof Box yang Aman untuk Mudik

26 Apr 2022

Pemilik kendaraan yang akan mudik dan ingin menambah daya angkut, sebaiknya pelajari dulu cara memasang dan aturan roof box agar perjalanan aman.

Menambah roof box memang merupakan solusi yang tepat jika kamu ingin membawa banyak barang namun mobil tidak memiliki bagasi yang luas dan enggan mempersesak kabin dengan barang-barang tersebut.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Selain itu, menggunakan roof box juga jauh lebih aman ketimbang hanya mengikat barang bawaan di atap mobil. 

 

Cara memasang roof box 

Memasang roof box tidak boleh asal dan tidak boleh menyalahi aturan, sebab bisa membahayakan penumpang dan pengguna jalan lainnya. Berikut cara memasang dan aturan roof box.

 

Mobil harus punya roof rail

Roof box tidak bisa diletakkan begitu saja pada atap mobil, harus ada roof rail sebagai penopang atau dudukan roof rack, sehingga roof box terpasang dengan baik di atasnya.

Roof rail sendiri merupakan rel membujur tempat memasang roof rack sebagai tempat meletakkan roof box. 

Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Untuk beberapa jenis mobil seperti SUV, biasanya sudah dilengkapi dengan roof rail. Sedangkan jika mobil kamu tidak dilengkapi roof rail bawaan, pastikan kamu menggunakan roof rail tambahan yang kuat dan kokoh sehingga mampu menahan bobot dengan baik.

Pasalnya, banyak pabrikan yang memasarkan roof rail hanya sebagai pemanis tampilan saja. 

 

Memasang roof rack

Nggak cukup cuma roof rail aja, sebelum memasang roof box, kamu juga harus memasang roof rack terlebih dahulu, yakni rangka penyangga yang ditempelkan di atap mobil sebagai fondasi roof box, biasanya material yang digunakan adalah baja atau aluminium.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Jika kamu hendak membawa banyak barang, roof rack berbahan baja bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih kuat dan kokoh dibanding roof rail aluminium.

Namun roof rack jenis ini cenderung lebih berat dan dapat mempengaruhi kondisi atap mobil sehingga jika dipasang pada mobil yang tidak cukup kuat bisa berbahaya.

Sebaliknya, roof rack berbahan aluminium lebih ringan namun tidak dianjurkan untuk menahan beban yang terlalu berat. Untuk itu, gunakanlah roof rack yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Siap Lebaran, Begini Cara Cek Mobil Bekas secara Menyeluruh

Pastikan juga ukuran roof rack tidak melewati lebar bodi mobil agar tidak mengganggu keamanan berkendara.

 

Memasang roof box

Pernah melihat mobil yang mengangkut barang di atas roof rack tanpa menggunakan roof box? Jangan ditiru, ya. Sebab hal tersebut bisa membuat barang yang ada di atasnya terlepas dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Meski sudah memasang roof rack, kamu tetap perlu memasang roof box di atasnya sebelum mengangkut banyak barang.

Baca juga: Persiapan Mudik Pakai Mobil Bekas Agar Aman dan Nyaman

Pilihlah roof box dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu besar karena dapat mempengaruhi aerodinamika dan titik keseimbangan mobil. 

Sebaiknya gunakan roof box yang mendukung aerodinamika, yakni yang bentuk depannya runcing. Kemudian pilih material yang berkualitas namun tidak terlalu berat guna menjaga bobot total. 

Selain mempertimbangkan bawaan, pertimbangkan juga penumpang yang ada di dalam mobil. Jangan sampai niat mengoptimalkan daya angkut malah mengorbankan keamanan berkendara.

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding Beli Mobil Baru

Untuk itu, sebelum memasangnya, cek terlebih dahulu kapasitas beban maksimal mobil agar tidak salah pilih ukuran roof box dan membawa muatan berlebih. 

Pastikan juga kalau roof box yang akan dipasang tidak mengganggu gerak mobil dan membuatnya kesulitan melintas di ruas jalan dengan pembatasan ketinggian seperti jalan layang, area parkir, atau melewati portal.

 

Aturan roox box

Pemasangan roof box pada mobil termasuk ke dalam kategori modifikasi yang dapat merubah bentuk dimensi dan daya angkut kendaraan yang dapat menyebabkan bobot kendaraan menjadi lebih berat dari aslinya. 

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas di Bulan Ramadan Waktu yang Pas?

Dengan demikian, aturan roof box ini dapat melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 50 Ayat 1.  

Jika melanggar aturan roof box, maka ada sanksi yang akan dikenakan, yakni pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000, hal tersebut diatur dalam Pasal 285 Ayat 2.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan roof box pada mobil kamu, ya. Roof box tetap boleh dipasang asalkan ukuran dan dimensinya normal dan wajar. 

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Jadi, gimana? Udah siap mudik belum? Nah, kalau belum ada mobil buat mudik, beli di mo88i (dibaca: Mobi), aja! Pilihannya banyak dan dijamin aman!

Soalnya, tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Odometer dan semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang biar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan