×

blog/tips-jual-mobil-masih-kredit-supaya-bisa-upgrade-042022

Tips Jual Mobil Masih Kredit Supaya bisa Upgrade

19 Apr 2022

Banyak yang tidak tahu kalau jual mobil masih kredit ternyata bisa dilakukan. Padahal, pemilik mobil bisa loh menjual mobilnya meski masih dalam masa kredit. 

Menurut Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana, ada 3 cara yang bisa dilakukan jika ingin jual mobil masih kredit.

Baca juga: Cara Mengelola Uang THR Agar Lebih Hemat saat Beli Mobil

Di antaranya over kredit, refinancing dan jual putus. Lantas apa perbedaannya? Berikut penjelasannya.

 

Over kredit

Over kredit adalah proses pengalihan kredit dari debitur lama ke debitur baru, sehingga cocok untuk kamu yang ingin jual mobil masih kredit dan ingin membeli mobil baru atau terpaksa menjualnya karena kebutuhan mendesak

Singkatnya, dengan over kredit kamu akan melimpahkan kredit tersebut ke orang lain. Nantinya, kamu akan mendapatkan dana langsung dari pembeli.

 

Refinancing

Cara ini bisa kamu lakukan jika mencari pembiayaan dengan bunga yang lebih rendah. Dengan refinancing, kamu akan mendapat pendanaan ulang utang dengan menutupi pinjaman yang dimiliki dengan pinjaman lain. 

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas di Bulan Ramadan Waktu yang Pas?

Pinjaman ulang ini dapat dilakukan dengan lembaga pemberi pinjaman yang saat ini sedang berjalan atau dengan lembaga pemberi pinjaman yang lain.

Refinancing juga cocok jika kamu ingin melakukan tukar tambah. Sebagai contoh, harga pasaran mobil lama dipatok seharga Rp 110 juta, kemudian sisa hutang di lembaga pembiayaan sebesar Rp 40 juta dan mobil yang menjadi incaran kamu seharga Rp 200 juta. 

Jika mobil lama kamu deal dengan dealer di harga Rp 110 juta, maka kamu akan menerima Rp 70 juta karena sisa Rp 40 juta perlu dibayarkan dulu ke pihak lembaga pembiayaan untuk menutup kontrak lama. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Uang Rp 70 juta itu selanjutnya bisa kamu jadikan down payment atau DP untuk membeli mobil seharga Rp 200 juta tadi, dan selanjutnya kamu bisa mencicil di kontrak yang baru.

 

Jual putus

Cara ini bisa kamu pilih jika tidak berminat membeli kendaraan baru atau ogah dengan proses yang rumit dan memakan waktu lama.

Ya, menurut Adji, jual putus adalah cara jual mobil masih kredit dengan proses yang singkat dan simple. Sebagai pemilik mobil, kamu harus menghubungi pihak leasing terlebih dahulu untuk memastikan berapa angsuran yang tersisa.

Baca juga: Jelang Ramadan, Ini Harga Mobil Bekas Rp 100 Jutaan

Setelah mendapatkan info terkait sisa angsuran, tanyakan berapa jumlah total yang harus dibayar jika ingin mempercepat pelunasan. Total biaya tersebut mencakup sisa hutang pokok, biaya penalti, administrasi dan denda jika ada.

 

Bagaimana cara menjual mobil yang masih kredit agar cepat laku dan dihargai tinggi?

Menurut Adji, agar mobil dihargai tinggi, caranya sama saja dengan menjual mobil pada umumnya. 

Sebagai penjual, kamu tentu harus memastikan kondisi mobil terlebih dahulu, mulai dari secara teknis seperti mesin, kaki-kaki, interior, eksterior, hingga kelengkapan dokumen-dokumen serta pajaknya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harga Mobil Bekas Naik di Bulan Ramadan?

Sedangkan jika ingin terjual cepat, jangan hanya memanfaatkan satu channel untuk mempromosikan mobil kamu. Kamu juga bisa langsung datang ke showroom untuk mempersingkat prosesnya.

Gunakanlah lebih dari satu channel agar lebih banyak orang yang melihat mobil kamu, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, atau marketplace

Namun, menurutnya, ada satu hal yang harus diperhatikan demi keamanan transaksi, yakni kamu harus lebih hati-hati saat memberi surat kuasa. 

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Hindari memberikan surat kuasa ke calon pembeli ketika pelunasan belum dituntaskan. Sebaiknya lakukan serah terima setelah semuanya clear.

 

Jual mobil masih kredit di mo88i

Nah, kalau kamu mau jual mobil yang masih dalam masa kredit di mo88i (dibaca: Mobi) juga bisa, lho! Dengan ketentuan, sisa hutang mobil lama harus lebih kecil harga beli mobil yang menjadi incaran. 

Sebagai contoh, sisa masa kredit mobil kamu masih 2 tahun dengan biaya angsuran Rp 1 juta setiap bulannya, artinya total hutang kamu adalah Rp 24 juta. Nah, kamu hanya bisa memilih mobil di mo88i yang harganya di atas Rp 24 juta. 

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Tertarik? Yuk kunjungi mo88i sekarang! Pilihannya banyak dan dijamin aman! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan