×

blog/tips-cek-keaslian-odometer-mobil-bekas

Tips Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

25 Mar 2022

Cek keaslian odometer tidak boleh dilewatkan saat memeriksa kondisi mobil bekas sebelum membelinya. Pasalnya, tidak sedikit oknum yang menjual mobil bekas dengan cara yang tidak jujur yakni memutar balik odometer demi menaikkan harga jual.

Odometer sendiri merupakan alat yang menampilkan jarak tempuh kendaraan dan berfungsi sebagai penanda masa servis atau ganti oli. Ada dua jenis odometer, yaitu odometer analog (mekanik) dan digital (elektronik).

Mobil bekas dengan angka jarak tempuh yang pendek banyak memang lebih diminati lantaran dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Nah, agar tidak terkecoh, berikut tips cek keaslian odometer mobil bekas.

 

Periksa buku servis

Untuk cek keaslian odometer, periksalah buku catatan servis mobil. Buku tersebut menyimpan seluruh riwayat mobil, mulai dari kerusakan yang pernah dialami hingga catatan kilometer mobil yang tentunya berpatokan pada odometer.

Pastikan angka yang tercatat pada buku servis sesuai dengan yang ditampilkan odometer. Bila tidak, artinya angka odometer perlu dipertanyakan keasliannya.

 

Kondisi fisik mobil

Meski angka yang ditampilkan pada odometer bisa menipu, tapi tidak dengan kondisi fisik mobil. Odometer yang rendah menandakan bahwa mobil jarang dipakai. Sebaliknya, odometer yang tinggi menandakan bahwa mobil sering dipakai dan sudah menempuh jarak yang jauh.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Mobil yang sudah menempuh jarak yang jauh akan menunjukkan beberapa tanda pemakaian yang sulit untuk disembunyikan.

Salah satunya pada interior, biasanya setir terlihat kusam dan aus, jok kulit kusam dan pecah-pecah, serta pedal juga akan terasa aus. Pada bagian mesin, biasanya terlihat adanya kerak serta menghasilkan suara yang kasar. 

Kemudian pada kaki-kaki, beberapa komponen seperti bushing, boot, link stabilizer sudah aus atau pecah. Jika kamu menemukan salah satu dari ciri di atas namun angka pada odometer masih rendah, hal tersebut patut dicurigai. 

 

Terdapat goresan pada instrument cluster

Tips cek keaslian odometer yang satu ini hanya berlaku apabila mobil bekas incaran kamu masih menggunakan odometer analog.

Baca juga: Cara Negosiasi Mobil Bekas di mo88i

Banyak pedagang mobil bekas yang berlaku curang dengan membuka instrument cluster dan memutar angka odometer sehingga angkanya lebih rendah. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya goresan atau lecet bekas pembongkaran.

Jika kamu menemukan tanda tersebut, jangan segan untuk menanyakan penyebabnya kepada penjual. 

 

Tahun pembuatan mobil

Kamu juga bisa mengecek keaslian odometer melalui tahun pembuatan mobil tersebut. Mobil yang dipakai harian, rata-rata akan menempuh jarak 15.000 sampai 20.000 kilometer per tahun. 

Sedangkan untuk mobil mewah yang hanya dipakai pada akhir pekan, diperkirakan pemakaiannya sekitar 10.000 kilometer per tahun.

Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas

Jika angka yang ditampilkan odometer jauh lebih rendah dari usia serta jarak yang seharusnya, sebaiknya tanyakan pola pemakaian kepada penjual. Tanyakan juga apakah penjual merupakan pemilik pertama atau bukan.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana. 

Angka odometer tidak bisa menjadi satu-satunya patokan, harus dicocokan kembali dengan tahun dan kondisi fisik. Apabila angka kilometer pada odometer rendah namun tahunnya sudah kelamaan, dan tidak sesuai dengan kondisi fisik, maka patut dicurigai

 

Periksa kondisi ban mobil

Cara cek keaslian odometer yang selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi ban mobil. Tanyakan kepada penjual apakah mobil masih menggunakan ban bawaan pabrikan atau tidak. 

Mobil yang jarang dipakai biasanya memiliki ban dengan kembang atau groove yang masih bagus. Sedangkan, apabila kondisi ban sudah botak tetapi angka odometer masih rendah, kamu layak mencurigainya.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Lebih Baik Pilih TLO atau All Risk?

Pada dasarnya, jangan tergiur dengan angka odometer yang rendah. Meski odometer mobil bekas incaran kamu menunjukkan angka kilometer yang tinggi, apabila dirawat dengan baik maka performanya dijamin masih bagus.

Selain itu, pastikan kamu membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya, seperti mo88i. Odometer dijamin keasliannya. 

Nggak cuma itu, beli mobil bekas di mo88i juga dijamin aman karena tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Beli mobil bekas di mo88i juga dijamin untung! Soalnya, setiap melakukan pembayaran booking fee melalui website atau aplikasi mo88i sebesar Rp 3 juta, mo88i bakal kasih kamu saldo AstraPay senilai Rp 2 juta. Ada juga asuransi TLO gratis selama 1 tahun!

Berminat upgrade ke asuransi All Risk? Siap-siap, soalnya kamu bakal dapetin voucher car detailing senilai Rp 5 juta rupiah dan saldo AstraPay! 

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan