×

blog/tips-beli-mobil-bekas-online-bagaimana-sih-caranya

Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

07 Mar 2022

Buat yang tidak mau repot keluar rumah dan mengecek kondisi mobil satu per satu, beli mobil bekas online bisa menjadi opsi.

Kondisinya pun sangat variatif, bahkan kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang hampir sama dengan mobil baru.

Berbagai promo juga bisa kamu dapatkan, seperti DP ringan hingga bonus asuransi. Bagaimana sih caranya? Yuk simak tips beli mobil bekas online berikut ini.

 

Cek harga pasar

Jika kamu menemukan mobil bekas dengan harga yang terlampau murah dan jauh dari harga pasaran, sebaiknya jangan langsung tergiur.

Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas

Mobil bekas dengan harga yang terlalu jauh dari pasaran patut dicurigai kondisinya, serta kelengkapan dan legalitas surat-suratnya. 

Jangan sampai kamu tergiur harga murah, namun setelah ditelusuri ternyata mobil tersebut bermasalah. Bukannya untung, kamu justru buntung.

Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu harga pasaran dari mobil bekas incaran kamu dan hindari membeli mobil yang terlampau murah sebelum benar-benar memastikan kondisinya dengan merinci dan teliti.

 

Lakukan survei langsung

Meski kamu sudah merasa cocok dengan mobil bekas incaran, sebaiknya tetap melakukan survei secara langsung. Sebab, melihat foto-foto dan membaca deskripsi mengenai unit saja tidak cukup.

Baca juga: Mengenal Ragam Nopol Khusus RF, Siapa yang Boleh Menggunakannya?

Kamu harus melihatnya secara langsung guna mencocokkan deskripsi unit yang kamu baca di internet. Buatlah janji dengan penjual untuk bertemu dan melihat unit secara langsung.

Kalau kamu masih awam soal mobil, kamu bisa membawa kerabat yang lebih paham atau sekalian membawa teknisi terpercaya yang memang sudah pakar di merek atau model incaran kamu. 

Beberapa hal yang harus kamu cek kondisinya saat melakukan survei yakni performa mesin, kondisi bodi dan rangka, cat dan eksterior, kondisi interior, hingga kaki-kaki mobil.

Baca juga: Tertarik membeli LCGC? Berikut Estimasi Biaya Servis Toyota Agya dan Calya

Terkait performa mesin dan kaki-kaki mobil, kamu bisa memastikan kondisinya dengan melakukan test drive saat survei.

 

Cek odometer

Saat beli mobil bekas online, jangan lupa untuk memeriksa odometernya. Angka di odometer ini menunjukkan seberapa jauh sebuah mobil sudah digunakan. 

Namun bukan berarti semakin besar angka menunjukkan kualitas mobil tersebut tidak bagus. Jika mobil bekas dirawat dan rutin melakukan servis berkala maka tidak akan berpengaruh pada performanya.

 

Periksa rekam jejak servis 

Tips beli mobil bekas online selanjutnya adalah menanyakan rekam jejak servis kepada penjual.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

Jika mobil memiliki rekam jejak servis yang baik dan selalu dilakukan di bengkel resmi, artinya mobil terawat dengan baik dan potensi bermasalahnya relatif kecil. 

Bukan cuma itu, melalui rekam jejak servis kamu juga bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan atau banjir.

 

Periksa kelengkapan dokumen

Yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan saat beli mobil bekas online. Pastikan mobil yang akan kamu beli memiliki surat-surat yang lengkap, mulai dari STNK hingga BPKB.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Lebih Baik Pilih TLO atau All Risk?

Kemudian perhatikan dan teliti keaslian surat-surat tersebut. Pasalnya, saat ini marak beredar surat-surat palsu yang digunakan untuk mendongkrak harga mobil curian.

Pastikan juga mobil yang akan kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Hal ini untuk kamu mengurus balik nama dan administrasi lainnya.

 

Beli di tempat terpercaya

Pastikan kamu memilih tempat yang terpercaya untuk beli mobil bekas online, seperti mo88i (dibaca: mobi).

Baca juga: Lamanya Pengurusan STNK Mobil Baru, Beli Mobil Bekas jadi Alternatif Menarik untuk Libur Akhir Tahun?

Beli mobil bekas di mo88i dijamin aman karena tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Odometer dan semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Jika kamu berminat beli mobil bekas kredit, mo88i pun bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan di Astra Group dan perusahaan leasing terkemuka dan terpercaya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Selain aman dan mudah, beli mobil bekas di mo88i juga dijamin untung! Soalnya, setiap melakukan pembayaran booking fee melalui website atau aplikasi mo88i sebesar Rp 3 juta, mo88i bakal kasih kamu saldo AstraPay senilai Rp 2 juta. Ada juga asuransi TLO gratis selama 1 tahun!

Berminat upgrade ke asuransi All Risk? Siap-siap, soalnya kamu bakal dapetin voucher car detailing senilai Rp 5 juta rupiah dan saldo AstraPay! 

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan