×

blog/tips-aman-meninggalkan-mobil-di-rumah-saat-mudik-dan-liburan-042022

Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah saat Mudik dan Liburan

28 Apr 2022

Jika kamu memilih untuk mudik menggunakan kendaraan lain, simak dulu tips aman meninggalkan mobil berikut ini biar kamu bisa mudik tanpa perasaan was-was.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum meninggalkan mobil di rumah, baik itu keamanan kala ditinggal atau untuk menjaga performa mobil agar tetap bisa digunakan lagi dengan nyaman setelah mudik. Apa saja?

 

Jangan aktifkan rem tangan

Tips aman meninggalkan mobil di rumah yang pertama adalah hindari penggunaan rem tangan jika tidak ingin kampas rem menempel pada cakram. Sebab, hal tersebut hanya akan merepotkan kamu nantinya jika mobil ingin kembali digunakan.

Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Solusinya, gunakanlah kunci roda atau ganjal ban dengan batu agar posisi mobil tidak berubah.

 

Perhatikan kondisi busi

Saat hendak meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, sebaiknya copot busi dan semprotkan sedikit oli di soket sebelum meletakkannya kembali ke posisi semula. Tujuannya untuk menjaga kondisinya tetap lembab sehingga kepala silinder tidak berkarat.

 

Isi bensin penuh

Tangki bahan bakar akan cepat berkarat bila ditinggal dalam kurun waktu yang lama. Hal ini bisa dicegah dengan mengisi bensin beroktan tinggi secara penuh.

Bensin beroktan tinggi memiliki zat aditif ecosave technology yang berfungsi sebagai anti karat sehingga mampu mencegah timbulnya karat pada tangki bagian dalam.

 

Periksa kondisi aki

Tips aman meninggalkan mobil berikutnya adalah pastikan aki dalam kondisi prima. Jangan lupa juga untuk melepas dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Baca juga: Tips Memasang dan Aturan Roof Box yang Aman untuk Mudik

Tujuannya untuk membuat listrik tak mengalir serta menjaga kualitas listrik dalam aki agar tidak kehabisan daya saat akan digunakan. 

Untuk mobil modern yang menggantungkan banyak sistemnya pada listrik, cara ini disarankan hanya dilakukan bila mobil ditinggal selama lebih dari dua minggu. 

Sedangkan jika hanya 3-10 hari, biarkan aki terpasang sempurna agar tidak terjadi malfungsi pada beberapa perangkat.

 

Manfaatkan dongkrak

Ban mobil rawan mengempis jika ditinggal dan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini karena ban terlalu lama menempel pada suatu permukaan.

Baca juga: Cara Mengelola Uang THR Agar Lebih Hemat saat Beli Mobil

Kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan empat dongkrak di masing-masing roda sehingga mobil tidak bertumpu pada roda.

Selain itu, pastikan tekanan ban pada kondisi yang sesuai anjuran pabrikan untuk mencegah timbulnya retak pada pinggiran permukaan ban.

 

Gunakan racun tikus

Kondisi rumah yang kosong membuat tikus bisa bergerak lebih leluasa. Untuk itu, kamu harus waspada dengan hama yang satu ini.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Pasalnya, perangkat-perangkat di dalam ruang mesin yang terbuat dari karet merupakan objek menarik bagi tikus. 

Solusinya, gunakanlah perangkap tikus dan letakkan di sekitar roda mobil agar tikus tidak naik ke ruang mesin dan menggigit perangkat-perangkat tersebut.

 

Parkir di garasi atau gunakan sarung

Tips aman meninggalkan mobil selanjutnya adalah pemilihan lokasi parkir. Sebaiknya parkirkan mobil di tempat tertutup seperti garasi guna menghindari tindak kriminal yang mungkin saja terjadi.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Selain itu, cara ini juga bertujuan agar mobil terhindar dari hujan, juga kotoran yang mungkin jatuh dari pohon atau unggas.

Namun jika tidak memungkinkan dan terpaksa memarkirkannya di tempat terbuka, selimuti mobil dengan sarung yang berkualitas dan ukuran yang pas agar mobil tertutup sempurna.

Asal ditinggal dengan kondisi yang baik, mobil dijamin aman dan bisa tetap digunakan dengan nyaman setelah mudik nanti.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Nah, kalau mau upgrade mobil, beli di mo88i (dibaca: Mobi), aja! Pilihannya banyak dan dijamin aman!

Soalnya, tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Odometer dan semua dokumen pun dijamin keasliannya.

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang biar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan