×

blog/power-steering-mobil-terasa-berat-ini-penyebabnya

Power Steering Mobil Terasa Berat, Ini Penyebabnya

01 Feb 2022

Ketahui Penyebab Power Steering Mobil Terasa Berat, Mungkin Ini Masalahnya

 

Tanpa sadar, tiba-tiba kemudi mobil terasa berat, padahal mobil kamu sudah dilengkapi power steering. Hal ini memungkinkan saja terjadi, terutama pada sistem power steering konvensional alias masih mengandalkan hidrolis sepenuhnya. Penyebabnya bisa macam-macam, coba cek apakah salah satu ini penyebabnya.

 

Tekanan Angin

Paling sederhana, tekanan angin ban depan kurang. Tak jarang orang lupa memeriksa keadaan roda mobilnya sendiri. Tahu-tahu sudah kempes saja. Hal ini tentu saja berkaitan langsung dengan kinerja power steering. Sebab, bebannya menjadi semakin berat.

Jika terasa palang kemudi berat, mungkin kamu bisa periksa terlebih dulu hal ini. Sebab penanganannya pun paling mudah di antara yang lain, sekaligus paling murah. Hanya saja, masih ada alasan lain menjadi penyebab setir berat.

 

Baca juga : Penyebab Mobil Overheat di Tengah Jalan dan Cara Mengatasinya

 

Oli Power Steering Kurang

Khusus untuk sistem hidrolis, oli power steering berperan penting dalam sistem kerjanya. Sebab mekanikal terkait membutuhkan tekanan ke piston dan pinion rack. Jika berkurang, otomatis tekanan itu juga ikut melemah sehingga menyebabkan setir jadi berat. Dan perlu hati-hati, berkurangnya oli secara drastis bisa menandakan ada kebocoran.

 

Sabuk Power Steering

Selain oli, sistem power steering hidrolis juga umumnya menggunakan sabuk (belt). Benda ini juga memiliki usia pakai, tak bisa selamanya didiamkan. Jika mengendur atau bahkan putus, dipastikan palang kemudi akan terasa berat. Selayaknya mobil tanpa power steering di era 1970-an. Maka dari itu penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

 

Baca juga : Telat Ganti Oli Mobil akan Berbahaya, Cek Segara Jadwal Ganti Oli Mobilmu

 

Steering Rack

Penghubung antara roda dan lingkar kemudi ini juga butuh diperhatikan, ada masa pakai nya. Dan jika terjadi kerusakan, tentu menyebabkan setir menjadi berat pula. Biasanya, diawali dengan terasa bergetar di kemudi.

Bisa saja terdapat kebocoran pada seal-seal di dalam komponen rack steer, atau gagal mendistribusikan fluida akibat kebocoran tadi. Sehingga putaran kemudi juga menjadi berat. Lantas bahaya lain jika komponen ini rusak, arah ban bisa tidak sesuai dengan kemudi yang kamu kendalikan.

Selain usia pakai, hal-hal terkait mengalami kerusakan juga bisa disebabkan oleh perilaku berkendara. Paling krusial adalah, seringnya menghajar polisi tidur dengan keras atau lubang jalanan. Guncangan itu lama kelamaan mempengaruhi kinerja komponen dan mempersingkat usia pakainya.

Plus, kamu pun memang perlu memperhatikan kondisi masing-masing part, paling tidak setiap melakukan servis berkala. Biasanya, komponen semacam ini bertahan hingga lima tahun. Namun tergantung jenis mobil dan perilaku berkendaranya. 

 

Baca juga : Buat yang Belum Tahu, Ini Daftar Biaya Pajak Avanza Dari Tahun ke Tahun

 

Jika mobil lama kamu sudah banyak mengalami masalah seperti pada power steering ini, mungkin sudah saatnya kamu menjual mobil lama itu. Salah satu solusi ketika ingin menjual mobil lama kamu bisa jual ke mo88i (baca : mobi). Kamu juga bisa tukar tambah apapun merk dan tipe mobil lamamu di mo88i ini. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 1 jam saja kamu sudah bisa tukar tambah mobil lama dengan mobil yang baru.

Di mo88i, tersedia banyak pilihan mobil dari mulai Toyota Limo, Daihatsu Ayla, Toyota Avanza hingga Nissan X-Trail sesuai dengan dana yang kamu miliki. Mulai dari di bawah Rp 100 juta, mobil Rp 100 sampai Rp 200 juta, hingga di atas Rp 200 jutaan. 

Seperti Toyota Limo tersedia di harga Rp 97 juta. Kemudian Toyota Avanza G bertransmisi manual tahun 2019 yang hanya dijual dengan harga Rp 186 juta. Untuk harga di atas Rp 200 juta ada Nissan X-Trail tahun 2015 transmisi AT dengan harga Rp 223 juta. 

 

Untuk stok lebih lengkapnya, kamu bisa klik disini ya : https://www.mo88i.com/cari-mobil 

 

Kamu juga bisa konsultasikan dulu nih segala persoalan kamu sebelum membeli mobil. Mulai dari memilih mobil yang tepat, sampai ke cara pembayaran yang pas untuk kamu melalui fitur live chat yang tersedia baik di website maupun aplikasi.

 

Jual beli mobil bekas aman dan terpercaya langsung aja melalui www.mo88i.com

Download juga aplikasi mo88i di Google Playstore maupun Apple Appstore ya!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan