×

blog/persiapan-mudik-pakai-mobil-bekas-agar-aman-dan-nyaman-042022

Persiapan Mudik Pakai Mobil Bekas Agar Aman dan Nyaman

13 Apr 2022

Persiapan mudik tidak cukup hanya kondisi fisik, mobil yang akan menjadi tunggangan utama juga harus kamu persiapkan.

Ya, dengan fasilitas sepanjang yang kian memadai serta kenyamanan yang ditawarkannya, mudik dengan mobil menjadi salah satu opsi yang banyak dipilih.

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas di Bulan Ramadan Waktu yang Pas?

Mudik dengan mobil  memang lebih nyaman, kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan apalagi kehujanan. Belum lagi kabinnya yang mampu membawa banyak anggota keluarga serta bagasinya yang bisa dimanfaatkan untuk membawa banyak barang.

Beli mobil bekas pun bisa menjadi alternatif jika dana kamu terbatas namun ingin mudik dengan aman dan nyaman.

Nah, mumpung masih ada banyak waktu untuk mematangkan persiapan mudik, yuk mulai dari sekarang. Berikut persiapan mudik pakai mobil bekas.

 

Periksa oli

Pastikan kamu tidak telat mengganti oli agar performa mesin mobil tidak menurun dan berakibat fatal. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Apalagi saat perjalanan jauh, gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin akan semakin intens, tanpa pelumasan yang baik besar kemungkinan mobil akan alami kendala. 

Selain itu, kondisi oli yang buruk serta volume yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa membakar piston akibat gesekan. Jika sudah begini, bisa-bisa mobil kamu diharuskan turun mesin.

Odometer bisa kamu jadikan acuan kapan harus mengganti oli. Jika odometer mobil sudah menunjukkan jarak yang ditentukan untuk mengganti oli, jangan menunda untuk menggantinya, ya.

 

Air radiator

Air radiator punya peran penting dalam menunjang kenyamanan berkendara, yakni sebagai pendingin mesin mobil agar bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Alasan Mengapa Daihatsu Xenia Bekas Masih Banyak Diminati

Apabila air radiator habis, mesin mobil bisa jebol dan harus turun mesin. Untuk itu, sebelum mudik jangan lupa cek terlebih dahulu kondisi air radiator.

Perhatikan batas ketinggian dan periksa tabung penyimpanan cadangan air radiator, jika kurang maka isi hingga batas yang ditentukan. 

 

AC

Nah, kalau yang ini penting untuk kenyamanan kamu dan penumpang lainnya. Kamu tentu tidak mau kan berkendara sambil panas-panasan? 

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Untuk itu, cek kondisi AC sebelum berangkat mudik, mulai dari freon atau refrigerant, kondensor, filter, hingga kompresor. 

 

Kondisi ban

Ingat, ban merupakan satu-satunya komponen yang langsung menyentuh permukaan jalan dan menopang beban mobil. Untuk itu, jangan melewatkan pengecekan pada komponen ini.

Pastikan ban dalam kondisi yang baik, tidak kempis karena kekurangan angin atau bahkan meletus karena tekanan angin yang tidak sesuai standar.

Selain itu, jangan sampai luput untuk membawa ban cadangan atau tool kit agar bisa mengatasi masalah kecil di perjalanan dengan mudah.

 

Pengecekan rem

Menggunakan mobil dengan kondisi rem yang buruk bahkan blong hanya akan membahayakan keselamatan kamu dan penumpang lainnya.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

Untuk itu, lakukan pemeriksaan pada rem sebelum mudik, pastikan kondisinya masih layak pakai dan tidak ada tanda-tanda aus seperti timbulnya getaran saat pedal rem diinjak ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

 

Perawatan mesin

Agar persiapan mudik lebih matang, sebelum membawa mobil melibas perjalanan panjang lakukanlah perawatan dan servis berkala mobil di bengkel resmi, minimal seminggu sebelum keberangkatan.

Pastikan pihak bengkel tahu kalau mobil akan dipakai untuk perjalanan jauh sehingga mekanik akan melakukan pengecekan secara menyeluruh dan detail. 

Baca juga: Jelang Ramadan, Ini Harga Mobil Bekas Rp 100 Jutaan

Jangan lupa untuk mengganti suku cadang yang sudah tidak layak pakai, jangan memaksakan untuk tetap menggunakannya jika tidak ingin perjalanan mudik kamu terganggu.

 

Bagian kelistrikan

Pengecekan pada bagian kelistrikan juga tidak kalah penting. Pasalnya, bagian ini menyangkut komponen-komponen seperti klakson, bagian pencahayaan mulai dari lampu sein, lampu utama, lampu rem, hingga lampu kabut.

Jika kamu acuh dengan kondisinya, maka keselamatan berkendaralah yang akan dikorbankan. Kamu tentu tidak mau, kan?

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Sebelum melakukan pengecekan pada komponen-komponen tersebut, pastikan mobil bekas incaran kamu berkualitas. Untuk itu, belilah mobil bekas di tempat terpercaya dan dijamin aman seperti mo88i (dibaca: Mobi). 

Yap, beli mobil bekas di mo88i tidak perlu khawatir soal kualitas. Karena tiap unit yang ada di mo88i sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Selain itu, beli mobil bekas di mo88i juga bisa bikin kamu menghemat uang THR. Soalnya, kamu bisa dapetin KEJUTAN BERLIPAT mulai dari saldo AstraPay hingga Rp 2 juta, free TLO 1 tahun, free emergency services, voucher car wash, hingga lucky dip dengan berbagai hadiah langsung mulai dari iPhone 12, PS 5, logam mulia, dan hadiah menarik lainnya.

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan