×

blog/perlukah-tune-up-mobil-setelah-menempuh-perjalanan-jauh-052022

Perlukah Tune Up Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

09 Mei 2022

Guna menjaga performanya agar tetap prima, tune up mobil merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan setelah menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Apalagi mengingat saat mudik Lebaran mobil digunakan untuk menempuh perjalanan hingga ribuan kilometer dengan kondisi jalan yang tidak menentu.

Tune up sendiri berasal dari kata tune up yang artinya mengatur kembali atau mengembalikan performa dengan melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula.

Baca juga: Wajib dilakukan, Begini Perawatan Mobil Setelah Mudik

Selain mengembalikan kondisi mesin agar kembali prima, tune up juga bertujuan agar pemilik mobil bisa mengetahui kondisi dan kelayakan mobil, sehingga apabila ada yang tidak sesuai, bisa segera diatasi sebelum terlanjur parah.

Tidak cukup sampai di situ, berikut manfaat tune up mobil yang wajib kamu ketahui.

 

Meningkatkan tenaga

Seiring pemakaiannya, performa mesin berpotensi alami penurunan, terlebih setelah digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. 

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Dengan melakukan tune up, bukan cuma performanya saja yang terjaga, tenaga yang dihasilkan juga akan meningkat.

Nah, mengingat tune up biasanya mengutamakan sektor dapur pacu, chassis hingga kelistrikan, setelah melakukan tune up mobil akan lebih siap untuk diajak kembali melibas berbagai medan.

 

Memastikan kondisi filter udara dan celah katup

Melakukan tune up mobil setelah menempuh perjalanan jauh juga berfungsi untuk memastikan kondisi filter udara yang ada di dalam mesin mobil agar performanya terjaga dengan baik.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Sebab, mobil dengan kondisi filter udara yang tidak terawat dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya akan mengganggu performa mesin.

Jika kamu pemilik mobil injeksi dan ingin performanya tetap optimal, wajib melakukan pemeriksaan dan pembersihan throttle body.

Selain filter udara, tune up juga diperlukan untuk mengecek celah kabel busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan agar besaran api yang keluar terjaga.

Baca juga: STNK Mobil Bekas Diblokir, Bagaimana Mengurusnya?

Sedangkan untuk mobil konvensional dengan sistem katup, celah katup harus diperiksa dan disetel ulang agar kembali standar.

 

Memperpanjang usia pakai mobil

Tune up mobil juga bisa memperpanjang usia pakainya dan menjaga performa mobil seperti saat masih baru. 

Jadi buat kamu pemilik mobil keluaran tahun lama, melalui tune up tenaganya akan tetap terjaga secara baik.

 

Meningkatkan kenyamanan dan keamanan

Melakukan tune up juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal ini karena performa mesin yang terjaga dengan baik, sehingga tidak ada kerusakan komponen di bagian mesin, berkendara pun jadi nyaman dan bebas khawatir.

 

Menghindari kerusakan parah dan hemat biaya perawatan

Melakukan tune up mobil bisa membuatnya terhindar dari resiko kerusakan yang lebih parah, artinya kamu juga jadi bisa menghemat waktu sekaligus biaya.

Baca juga: Tips Memasang dan Aturan Roof Box yang Aman untuk Mudik

Karena saat melakukan tune up, seluruh komponen mesin akan dicek secara menyeluruh. Jadi komponen yang mengalami gangguan bisa segera diperbaiki atau diganti sehingga tidak akan merusak komponen mesin lainnya dan biaya servis bisa diminimalisir.

Nah, tune up bukan cuma perlu dilakukan setelah mobil menempuh perjalanan jauh. Untuk hasil yang lebih maksimal, yuk lakukan tune up dengan rutin dan jangan lupa dibarengi service berkala di bengkel terpercaya.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan