×

blog/perlukah-memanaskan-mobil-sebelum-dikendarai-062022

Perlukah Memanaskan Mobil Sebelum Dikendarai?

13 Jun 2022

Banyak yang beranggapan kalau memanaskan mobil beberapa menit sebelum dikendarai merupakan sebuah keharusan. Tujuan memanaskan mesin mobil ini agar ketika dikendarai semua komponen yang ada pada mobil bisa bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Cara Mengurus STNK Mobil Bekas yang Hilang

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, memanaskan mobil bukanlah sebuah keharusan, tidak melakukannya pun tidak akan menimbulkan masalah pada mobil. Bahkan di cuaca dingin sekalipun, hal tersebut tidak perlu dilakukan.

 

Tidak berlaku untuk mobil berteknologi masa kini

Teknologi baru yang dimiliki mobil masa kini membuatnya lebih canggih sehingga bisa langsung bekerja dengan baik meski mesin dalam keadaan dingin.

Teknologi ini biasanya ada pada mobil masa kini keluaran 2000 ke atas, dimana sudah dilengkapi injeksi berbahan bakar elektronik, yang mampu menyesuaikan campuran udara dengan bahan bakar agar sesuai dengan kondisi berkendara yang berbeda.

Baca juga: Jangan Sampai Keliru! ini Perbedaan Facelift dan All New

Sedangkan, untuk membuat oli mengalir ke mesin, memanaskan mobil cukup dilakukan selama satu sampai dua menit saja. Setelah itu, mobil sudah siap untuk dikendarai. Ingat, mesin justru memanas lebih cepat saat mobil sedang dikendarai. 

Lain cerita kalau mobil kamu masih menggunakan karburator, maka harus dipanaskan sebelum dikendarai. Hal ini karena banyak komponen yang baru bisa bekerja setelah mesin panas lantaran bensin tidak menguap dengan baik jika kondisi mesin dingin.

 

Mobil sebaiknya tidak langsung digeber

Meski tidak perlu dipanaskan, buka berarti kamu bisa langsung menggeber mobil. Sebaiknya kendarai dengan lembut selama lima hingga 15 menit pertama dan biarkan mesin mencapai suhu dengan sendirinya.

 

Cara memanaskan mobil yang sudah lama tidak dipakai

Memanaskan mobil tetap perlu dilakukan dengan catatan bila mobil jarang dipakai dan sudah berminggu-minggu mangkrak di garasi. 

Baca juga: 5 Faktor yang Menentukan Suku Bunga Kredit Mobil Bekas

Memanaskannya sesekali ditujukan untuk menghindari beberapa masalah seperti kebocoran kompresi atau mesin aus. Sedangkan jika mobil dipakai untuk mobilitas harian, maka tidak perlu dipanaskan.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak memanaskan mobil yang sudah tidak dikendarai dalam kurun waktu yang lama.

 

Hindari memanaskan dalam posisi idle 

Memanaskan mobil sebaiknya tidak dilakukan dalam posisi idle dan diam. Karena posisi tersebut membuat mobil lebih cepat panas. Selain itu juga banyak komponen seperti transmisi yang perlu bergerak.

 

Hindari menyalakan AC langsung

Kemudian pastikan jendela dibuka dan matikan AC setelah mesin menyala. Tunggu beberapa menit atau justru tidak perlu menyalakannya.

 

Mengoperasikan semua tombol

Saat memanaskan, semua tombol pada mobil sebaiknya dinyalakan untuk mengecek fungsinya, seperti tombol power window atau tombol-tombol lain yang ada pada dashboard.

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Tujuannya untuk memastikan kalau tidak ada masalah pada semua komponen yang terhubung dengan tombol tersebut.

 

Cek indikator pada mobil

Jangan lupa cek juga indikator pada mobil yang biasanya terlihat pada dashboard. Pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Apabila saat memanaskan mobil terdapat masalah seperti tidak mau menyala, bunyi mesin yang kasar, atau indikator ada yang mati, jangan menunda untuk membawanya ke bengkel terpercaya agar segera ditangani dengan tepat dan tidak merusak bagian lain.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jual Mobil Modifikasi Bisa Lebih Untung?

Untuk menghindari kesalahan soal cara dan waktu pemanasan, sebelumnya pastikan jenis mesin dari mobil yang digunakan terlebih dahulu, ya!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mo88i (baca: Mobi) ya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan