×

blog/perbedaan-tuas-transmisi-lurus-dan-zig-zag-pada-mobil-matik-072022

Perbedaan Tuas Transmisi Lurus dan Zig-zag Pada Mobil Matik

07 Jul 2022

Agar tidak salah pilih, buat kamu yang berencana membeli mobil matik, sebaiknya pahami terlebih dahulu perbedaan tuas transmisi pada mobil matik.

Mobil matik sendiri dikenal dengan pengoperasiannya yang mudah, hal ini lantaran sistem perpindahan giginya yang terjadi secara otomatis dan menyesuaikan tekanan pedal gas. Tidak heran mobil matik kerap menjadi pilihan banyak pengemudi pemula.

Saat ini, ada 4 jenis transmisi matik, yakni AT konvensional atau Hydraulic Automatic Transmission, Continuous Variable Transmission (CVT), Dual Clutch Transmission (DCT), dan Automated Manual Transmission (AMT).

Baca juga: Warna Mobil Awet dan Mudah Dirawat, Emang Ada?

Namun, bukan cuma jenisnya aja yang berbeda, model tuas pengoperasiannya juga berbeda, yakni lurus dan zig-zag. Tuas transmisi lurus atau vertikal dikenal dengan model straight, sementara untuk yang zig-zag dikenal dengan sebutan gate.

 

Lantas, apa perbedaan tuas transmisi lurus dan zig-zag pada mobil matik?

Secara fungsi, tidak ada bedanya. Perbedaan dari keduanya hanya pada pengoperasiannya saja. Model lurus atau straight, pengemudi harus menekan tombol release atau tombol pengunci yang ada di bagian samping atau belakang tuas.

Ketika hendak memindahkan tuas dari posisi P ke D, kaki harus menginjak rem sambil ibu jari memencet tombol tersebut untuk bisa mengoper gigi transmisi.

Baca juga: Mesin Mobil Matic Mogok, Boleh Didorong?

Jadi, alur perpindahannya sebelum posisi gigi melewati R, tombol tersebut harus ditekan baru tuas transmisi bisa digeser.

Tombol tersebut berfungsi sebagai pengaman agar tidak mudah geser. Fungsi lainnya yaitu untuk membantu pengemudi saat mobil diparkir paralel. Biasanya, posisi parkir di mall atau perkantoran memungkinkan mobil untuk didorong karena keterbatasan area parkir.

Sedangkan, Model gate atau zig-zag pengoperasinya dijalankan secara bertingkat atau tersusun. Jadi, ketika pengendara hendak memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke D atau ke posisi lainnya, harus dilakukan mengikuti jalur yang ada.

Baca juga: 6 Gejala Kerusakan Mobil Matik yang Harus Diantisipasi

Pemberian alur zig-zag sendiri bukan tanpa alasan atau hanya sebagai penunjang tampilan saja. Namun, dengan adanya metode ini, maka tuas transmisi tidak akan mudah bergeser dengan sendirinya. Dengan kata lain, alur zig-zag dibuat untuk menunjang aspek keamanan.

 

Kode transmisi matik

Selain memahami perbedaan tuas, yuk cari tahu juga arti kode transmisi matik biar pas beli mobil udah nggak bingung lagi.

Secara umum, ada 5 kode transmisi matik pada mobil yang dilambangkan dengan huruf pada tuasnya, apa saja?

1. N (neutral), yang menunjukkan mobil dalam kondisi netral dan bisa digunakan sat mobil berhenti cukup lama seperti saat macet.

2. P (park), posisi ini akan membuat mobil terkunci dan digunakan dalam dalam.

3. R (reverse), kode ini digunakan ketika mobil hendak mundur.

4. D (drive), sesuai namanya, arti kode ini adalah untuk melajukan mobil.

5. D1 atau L (low), posisi tuas ini digunakan untuk melewati jalan menanjak.

 

Cara merawat transmisi matik

Agar kinerja transmisi tetap prima, kamu juga harus tahu cara merawatnya, nih. Mobil bertransmisi matik sendiri memanfaatkan tekanan oli dan Torque Converter untuk menggerakkan perpindahan gigi. 

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding Beli Mobil Baru

Dengan kata lain, Torque Converter menggantikan kopling mekanis dan seluruh komponen yang berada di dalam transmisi terendam oli, sehingga pelumas memegang peran penting dalam menjaga performa transmisi otomatis.

Pengoperasiannya juga harus benar agar tidak memicu kerusakan, yakni saat mobil berhenti seperti di tengah kemacetan atau lampu merah, pastikan posisi tuas tidak berada di di posisi drive, melainkan netral agar kanvas kopling tidak bergesekan secara berlebihan.

Selain itu panaskan mobil sebelum dikendarai agar performanya tetap prima. Namun, saat memanaskan pastikan tuas berada pada posisi netral. Selain pengoperasiannya, perawatan transmisi matik juga nggak kalah mudah, kan?

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Nah, setelah memahami perbedaan tuas transmisi pada mobil matik, kamu pilih yang mana, nih? Lurus atau zig-zag? Apapun pilihan kamu, jangan lupa belinya di mo88i (dibaca: Mobi) aja, ya! Pilihannya banyak, unitnya berkualitas!

Semua unit di mo88i dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya. 

Baca juga: Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas

Beli mobil di mo88i juga dijamin untung, soalnya spesial bulan Juli 2022, akan ada berbagai promo menarik! Jangan sampai ketinggalan, ya!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan