×

blog/perawatan-mesin-turbo-jaga-oli-dan-kualitas-bahan-bakar-042022

Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

29 Apr 2022

Layaknya komponen pada umumnya, perawatan mesin turbo tidak boleh luput dari perhatian guna menjaga performanya agar tetap prima sehingga mobil nyaman dikendarai.

Mobil bermesin turbo saat ini memang tengah digandrungi banyak orang. Pasalnya, mobil yang menggunakan turbo kinerja mesinnya menjadi lebih optimal dan tenaganya mampu dengan meningkat pesat.

Saat ini mesin turbo sudah banyak disematkan pada mobil bawaan pabrik dengan versi standar, baik bagi jenis mobil diesel maupun bahan bakar minyak. 

Baca juga: Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Teknologi turbo juga mampu menyulap mesin berkubikasi kecil di bawah 1.500 cc untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin non turbo. 

Cara kerja mesin turbo sendiri yakni dengan memaksimalkan gas buang untuk dimasukkan kembali ke dalam ruang bakar dan dikonversi menjadi tenaga. Semakin tinggi putaran mesin, semakin besar tenaganya.

Namun, jika perawatan mesin turbo tidak dilakukan dengan baik maka kinerjanya tidak akan optimal. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Lalu, bagaimana perawatan mesin turbo yang tepat?

 

Pelajari cara menggunakannya

Perawatan mesin turbo bisa dimulai dari hal yang paling dasar terlebih dahulu, yakni cara menggunakannya.

Hal ini karena mesin turbo punya prinsip kerja yang berbeda sehingga tidak bisa secara instan langsung digunakan. 

Sebaiknya bacalah terlebih dahulu buku panduan manual agar kamu memahami cara penggunaannya baik sebelum maupun sesudah.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Jika ada yang sulit dipahami, sebaiknya langsung konsultasikan kepada pihak mekanik dari dealer tempat kamu membeli mobil tersebut.

Nah, ada satu hal mendasar dan cukup umum yang wajib kamu ketahui, yakni hindari pemakaian mesin turbo apabila suhu mesin berada di bawah normal.

Untuk itu, sebelum memakainya pastikan terlebih dahulu kalau mesin sudah mencapai suhu normal, yakni dengan mengendarai mobil secara pelan terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum akhirnya mesin turbo digunakan.

 

Pemilihan bahan bakar

Perawatan mesin turbo selanjutnya adalah memperhatikan bahan bakar yang digunakan. Gunakanlah bahan bakar berkualitas dengan nomor oktan yang tepat.

Baca juga: Cara Mengelola Uang THR Agar Lebih Hemat saat Beli Mobil

Sebab, semakin tinggi kompresi udara di ruang bakar, maka akan membutuhkan bahan bakar dengan nomor oktan yang lebih tinggi juga.

Jika kamu tetap menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah, maka mesin turbo akan cepat rusak karena proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas juga mempengaruhi proses pembakaran di ruang mesin. Semakin berkualitas bahan bakar yang digunakan, maka proses pembakaran akan semakin baik sehingga tidak menghasilkan gas buang yang justru menempel di turbin.

Baca juga: Odometer Digital Dipalsukan, Memangnya Bisa ya?

Pasalnya, gas buang yang menempel pada turbin bisa menyebabkan kipas turbin pada sistem turbo yang memompa udara ke ruang bakar menjadi terhambat.

 

Pemilihan jenis oli

Selain bahan bakar, penggunaan oli juga harus diperhatikan guna merawat mesin turbo. Gunakanlah jenis oli yang memang dianjurkan pabrikan atau yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Untuk mesin turbo, jenis oli yang disarankan biasanya adalah oli dengan karakter yang lebih cair karena memiliki kemampuan pelumasan dan pendinginan yang lebih baik.

Baca juga: Modifikasi Mobil Bekas Biar Up To Date

Perhatikan juga jadwal penggantiannya. Pastikan oli diganti tepat waktu dan dengan jumlah yang tepat agar mesin turbo bekerja dengan optimal.

 

Rawat filter udara

Merawat filter udara juga termasuk ke dalam rangkaian perawatan mesin turbo, sebab udara yang masuk ke dalam turbo tidak hanya berasal dari mesin tetapi juga dari luar mesin.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

Untuk itu, pastikan filter yang ada di kap mesin diganti secara berkala agar mesin turbo tidak menghisap udara kotor yang bisa menimbulkan tumpukan kotoran dan menghambat kinerjanya.

 

Perhatikan lampu indikator

Terakhir, untuk merawat mesin turbo selalu perhatikan lampu indikator yang ada di sekitar speedometer.

Apabila kamu mendapati lampu peringatan engine check menyala, jangan menunda untuk membawanya ke bengkel sebab besar kemungkinan mobil kekurangan oli.

Jika mobil digunakan dengan kondisi tersebut secara terus-menerus maka mesin turbo berpotensi rusak.

Baca juga: Tips Memeriksa dan Beli Mobil Hybrid Bekas

Dengan perawatan yang tepat, mesin turbo dijamin bekerja dengan optimal dan lebih awet. Nah, buat kamu yang berencana membeli mobil turbo, jangan ragu lagi, ya!

Kamu bisa membelinya di mo88i (dibaca: Mobi), pilihannya banyak dan unitnya dijamin berkualitas! Tenang, dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan