×

blog/penyebab-mobil-overheat-di-tengah-jalan-dan-cara-mengatasinya

Penyebab Mobil Overheat di Tengah Jalan dan Cara Mengatasinya

20 Jan 2022

Mobil Tiba-Tiba Overheat di Jalan, Ini Cara Mengatasinya

 

Terkadang ketika di tengah perjalanan masalah pada mobil bisa saja terjadi. Salah satunya mengalami overheat atau mesin panas dan tidak bisa melaju lagi dengan kondisi normal.

Nah bagi pemilik mobil yang kurang begitu memperhatikan perawatan mobilnya khususnya sistem pendinginan mesin mobil, dapat mengakibatkan mesin mobil overheat yang tentu saja dapat semakin membahayakan komponen lainnya. Lalu apa yang harus dilakukan bila mesin mobil overheat?

Penyebab mesin mobil overheat yang paling sering ditemui adalah air radiator habis. Air radiator (coolant) bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas. Atau, terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini dapat menyebabkan sistem sirkulasi radiator tidak bekerja optimal. Jika air radiator menjadi sedikit, maka suhu di mesin tidak dapat didinginkan dan terjadilah overheat.

Sudah pasti jangan panik. Ada beberapa tips di bawah ini perlu kamu pelajari baik-baik untuk mengatasi mesin mobil overheat.

 

Baca juga : Telat Ganti Oli Mobil akan Berbahaya, Cek Segara Jadwal Ganti Oli Mobilmu

 

Berhentikan kendaraan dan matikan mesin

Langkah paling tepat jika mesin mobil overheat adalah dengan langsung menepikan mobil ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil agar temperatur atau suhu mesin turun kembali. Hal itu dilakukan agar mobil kamu tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

 

Buka kap mesin

Ketika mesin mobil overheat jangan pernah membiarkan panas mesin terperangkap di ruang mesin karena akan menyebabkan komponen lain rusak karena panas tersebut. Setelah kamu memberhentikan kendaraan dan mematikan mesin mobil, coba untuk membuka kap mesin mobil agar panas di dalam kap terbuang. Lakukan dengan hati-hati karena kadang-kadang tuas berada di dekat radiator sehingga ada risiko kamu tersengat panas radiator.

 

Jangan buka tutup radiator

Jangan pernah membuka tutup radiator ketika mesin mobil overheat.  Jika kamu membuka tutup radiator pada saat mesin mobil masih panas, dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena kamu.

 

Periksa tabungan air cadangan radiator

Setiap mobil pastinya memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan membantu kamu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian air. Jika air kurang maka bisa berbahaya untuk mesin.

Langkah pertama yang bisa dilakukan, yakni menambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas. Kamu bisa mengisi air di tabung meskipun mesin panas atau bisa juga menunggu kondisi mesin dingin. Jika mobil kamu hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, kamu harus menunggunya hingga dingin sebelum membukanya.

 

Baca juga : Tertarik membeli LCGC? Berikut Estimasi Biaya Servis Toyota Agya dan Calya

 

Nah, kalau mau upgrade mobil lama karena mengalami kerusakan mesin akibat overheat, kamu bisa cek mobil idaman kamu di mo88i (baca : mobi), ya. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa lho beli mobil bekas atau bahkan menjual mobil lamamu di mo88i secara online.

Sebagai informasi tambahan, beli mobil bekas dengan cara kredit di mo88i juga sekarang ini lagi ada penawaran spesial seperti cicilan ringan dan DP terjangkau, ditambah lagi ada bonus uang elektronik jutaan rupiah dan tambahan hadiah langsung. 

Buat kamu yang melakukan pembelian secara cash, mo88i kasih tambahan lagi gratis asuransi TLO dan jika kamu mau upgrade dari asuransi TLO ke All Risk mo88i kasih lagi bonus voucher car detailing senilai Rp 5 juta. Promo ini tidak cuma berlaku buat pembelian cash tapi juga berlaku buat pembelian kredit. Tinggal dipilih saja mana yang sesuai dengan dana kamu ya.

Di mo88i kamu juga bisa konsultasikan dulu nih segala persoalan sebelum membeli mobil. Mulai dari memilih mobil yang tepat, sampai ke cara pembayaran yang pas untukmu. Kalau beli mobil bekas secara kredit, kamu bisa manfaatkan fitur simulasi kredit untuk bisa memilih opsi pembelian sesuai kebutuhan dengan TDP murah atau cicilan ringan. Fitur ini terintegrasi langsung dengan perusahaan pembiayaan sehingga proses pengajuan kredit lebih mudah dan cepat.

Jual beli mobil bekas aman dan terpercaya langsung aja melalui www.mo88i.com

Download juga aplikasi mo88i di Google Playstore maupun Apple Appstore ya!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan