×

blog/odometer-digital-dipalsukan-memangnya-bisa-ya-042022

Odometer Digital Dipalsukan, Memangnya Bisa ya?

22 Apr 2022

Banyak disematkan pada kendaraan modern masa kini, bisakah odometer digital mobil dipalsukan? Supaya lebih jelas, simak penjelasannya dalam infografis berikut ini.

Odometer memang menjadi bagian yang wajib dicek saat hendak membeli mobil bekas. Pasalnya, jika angka yang tertera pada alat penunjuk jarak tempuh ini cukup tinggi, artinya mobil tersebut sudah menempuh jarak yang cukup jauh dan sering dipakai.

Mobil dengan kondisi tersebut biasanya memiliki performa yang cenderung menurun, terlebih jika mobil tidak dirawat dengan baik secara rutin.

Tak heran banyak penjual mobil bekas yang berlaku curang dan memalsukan angka pada odometer agar mobil yang dijualnya dilirik pembeli.

Baca juga: Tips Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

Tapi tenang, jika mobil bekas incaran kamu menggunakan odometer digital, kecil kemungkinan angka pada odometer bisa dipalsukan. Hal ini karena cara kerjanya yang mengandalkan kecanggihan teknologi sehingga membuatnya sulit untuk diotak-atik.

 

Odometer digital dan odometer analog

Sedangkan, jika mobil bekas incaran kamu tidak menggunakan odometer digital, melainkan odometer analog, kamu harus lebih teliti saat memeriksanya. 

Dibandingkan dengan odometer digital, memalsukan angka pada odometer analog terbilang lebih mudah. Cukup dengan membongkar panel instrumen dan memutar angkanya. Namun, hasil pembongkaran tersebut biasanya meninggalkan bekas goresan atau lecet.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Untuk itu, jika kamu menemukan tanda tersebut pada odometer, jangan segan untuk menanyakan penyebabnya kepada penjual. Cek juga hal-hal lain seperti kondisi fisik, buku servis dan tahun pembuatan mobil agar tidak kecolongan.

Jika angka yang ditampilkan odometer jauh lebih rendah dari usia serta jarak yang seharusnya, sebaiknya tanyakan pola pemakaian kepada penjual. Tanyakan juga apakah penjual merupakan pemilik pertama atau bukan.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana, angka odometer memang tidak bisa menjadi satu-satunya patokan.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Menurutnya, tahun dan kondisi fisik harus dicocokan kembali. Apabila angka kilometer pada odometer rendah namun tahunnya sudah kelamaan, dan tidak sesuai dengan kondisi fisik, maka patut dicurigai

 

Beli mobil bekas odometer asli

Nah, kalau mau lebih aman, pastikan kamu membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya, seperti mo88i (baca: mobi). Odometer hingga dokumen dijamin keasliannya. 

Nggak cuma itu, tiap unit yang ada di mo88i juga sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman. 

Baca juga: Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. 

Beli mobil bekas di mo88i juga dijamin untung! Soalnya, ada KEJUTAN BERLIPAT selama bulan Ramadan! Yap, kamu bisa dapetin saldo AstraPay hingga Rp 2 juta.

Ada juga free TLO 1 tahun, free emergency services, voucher car wash, hingga lucky dip dengan berbagai hadiah langsung mulai dari iPhone 12, PS 5, logam mulia, dan hadiah menarik lainnya.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan