×

blog/mengenal-ragam-nopol-khusus-rf-siapa-yang-boleh-menggunakannya

Mengenal Ragam Nopol Khusus RF, Siapa yang Boleh Menggunakannya?

04 Nov 2021

Siapa yang Boleh Menggunakan Plat Nomor Khusus, Ini Aturannya

 

Belakangan ini plat nomor alias nopol pilihan atau khusus ramai diperbincangkan masyarakat, lantaran mobil selebgram Rachel Vennya. Sebenarnya, nopol tersebut bisa digunakan oleh warga sipil atau pejabat negara?

Nomor kendaraan berakhiran RFS, RFD, dan RFP adalah tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk pejabat negara. Plat ini seharusnya tidak bisa digunakan oleh warga sipil karena hanya diberikan negara kepada instansi terkait.

Penggunaan plat nomor ini diatur oleh kepolisian melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Dalam peraturan tersebut disebutkan mengenai adanya TNKB Rahasia dan TNKB Khusus. TNKB Rahasia yakni TNKB dengan spesifikasi tertentu dengan nomor registrasi dan huruf seri tertentu yang ditentukan masing-masing Polda dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku yang dipasang pada Ranmor yang dipakai petugas intelijen dan penyidik Polri.

Adapun TNKB khusus adalah TNKB dengan spesifikasi tertentu serta nomor registrasi khusus yang diterbitkan Polri dan berisi kode wilayah, nomor registrasi serta masa berlaku dan dipasang pada Kendaraan Bermotor dinas yang digunakan pejabat pemerintah.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan kode RF ini ternyata terdapat beberapa macam, yakni: Mobil dengan nopol belakang RF merupakan kendaraan pejabat negara, eselon II ke atas, hingga menteri. Pelat ini digunakan sebagai pengganti pelat merah.

Pelat dengan akhiran huruf RFS di belakang kode dari rahasia fasilitas sipil diperuntukkan bagi pejabat sipil. Seperti RFD, RFL, RFU, dan RFP diperuntukkan bagi pejabat TNI dan polri.

Kemudian pelat nomor dengan akhiran D untuk Angkatan Darat, RFL untuk Angkatan Laut, RFU untuk Angkatan Udara, dan RFP untuk polisi. Kode RFO, RFH, RFQ , dan sejenisnya untuk pejabat di bawah eselon II.

Untuk kendaraan diplomatik, seperti kendaraan keduataan besar (kedube) berkode CD (corps diplomatique) atau CC (corps consulaire).

Jadi plat nomor khusus ini bukan untuk kalangan umum ya, bahkan untuk seseorang artis pun belum tentu bisa menggunakan plat nomor khusus ini. 

Nah kalau kamu sedang mencari mobil bekas yang ngga bermasalah di kemudian hari, pastikan carinya di mo88i ya. Semua mobil bekas di mo88i terjamin aman  legalitasnya dan pastinya berkualitas serta ada garansi jual kembali lho. 

Proses beli mobil di mo88i juga sekarang jauh lebih mudah dan cepat dengan proses online yang memungkinkan kamu melakukan pembelian mobil dari rumah aja yuk cari mobil idamanmu di website mo88i atau via aplikasi mo88i yang bisa kamu download dari Playstore dan Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan