×

blog/macet-di-tanjakan-saat-liburan-long-weekend-harus-bagaimana-052022

Macet di Tanjakan saat Liburan Long Weekend, Harus Bagaimana?

11 Mei 2022

Macet di tanjakan saat long weekend adalah hal yang lumrah terjadi. Terutama jika kamu ke daerah Puncak, Bogor, yang sering menjadi favorit bagi pelancong untuk menghabiskan waktu liburnya. 

Daerah Puncak juga terkenal dengan medan jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Jika itu yang terjadi, apa yang harus dilakukan? 

 

Pastikan tingkat kemiringan tanjakan

Hal pertama yang harus dipastikan jika terjebak macet di tanjakan adalah tingkat kemiringan tanjakan. 

Baca juga: 6 Gejala Kerusakan Mobil Matik yang Harus Diantisipasi

Bagi pengendara mobil manual, pilih persneling sedang jika tingkat kemiringan tidak terlalu ekstrem. Jika tingkat kemiringan tanjakan ekstrem, pilih persneling gigi rendah.

Sedangkan pada mobil transmisi matic, persneling harus berada pada arah D2 atau diturunkan ke Low terlebih dulu. 

 

Cara melakukan pengereman

Pada mobil manual jika pengendara memutuskan untuk menggunakan rem tangan, posisikan kaki kiri pada pedal kopling dengan menginjaknya secara full. Kaki kanan tetap bersiaga menginjak pedal gas, sementara tangan kiri bersiap mengendalikan tuas rem tangan.

Lalu untuk mobil matic, tidak menginjak rem saat pindah tuas posisi D ke D1 atau D2. Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah menekan tombol pada tuas persneling untuk memindahkan gigi. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Saat mobil membutuhkan torsi, lepaskan pedal gas dan segera pindahkan transmisi secara bertahap, sampai D1 atau L. Jika mobil harus berhenti di tanjakan, baru bisa menginjak remnya.

 

Tidak menginjak pedal gas

Untuk pengguna mobil matic, jika alami macet di tanjakan sebaiknya tidak menginjak pedal gas terlalu dalam. Mobil justru akan kehilangan power, lantaran pada saat itu sistem transmisi sudah membaca torsi secara maksimal.

Baca juga: Tukar Tambah Mobil di mo88i, Apa Saja Syaratnya?

Sedangkan untuk mobil manual, injak kopling dengan kaki kiri dan injak pedal rem dengan kaki kanan. Saat akan jalan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sambil langsung menekannya hingga RPM sekitar 2000 dengan cepat. Secara bersamaan, angkat pedal kopling pada posisi setengah agar mobil tidak mundur ke belakang.

 

Beri jarak dengan kendaraan lain 

Agar lebih aman, usahakan untuk selalu memberi jarak dengan kendaraan lain. Baik yang ada di depan atau di belakang mobil. 

Baca juga: Ketok-ketok Bodi Mobil Bekas Saat Pengecekan, Apa Maksudnya?

Jarak ideal yang aman antar kendaraan adalah 2-3 meter. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dengan memberikan jarak, para pengendara mobil tentunya akan memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi jika suatu saat terjadi kondisi yang berbahaya. 

Kalau sudah tahu cara mengendarai mobil ketika terjebak macet di tanjakan, jangan lupa beli mobilnya di mo88i (dibaca: Mobi) aja, ya! 

Baca juga: Bonus yang Didapat Saat Beli Mobil Bekas Kredit

Di mo88i ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang siap kamu bawa pulang. Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan