×

blog/kondisi-yang-bisa-bikin-harga-mobil-bekas-jatuh-052022

Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh

13 Mei 2022

Harga mobil bekas jatuh tentunya bukanlah hal yang diinginkan oleh para pemiliknya. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi mengingat kondisinya yang tidak lagi sempurna.

Namun apabila harga mobil bekas jatuh jauh dari harga pasaran tentunya akan sangat menjengkelkan.

Tapi tenang, hal tersebut sebenarnya bisa dihindari, yakni dengan memahami apa saja yang menjadi penyebabnya.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Menurut Kepala Departemen Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana, berikut beberapa kondisi yang bisa bikin harga mobil bekas jatuh.

 

Dokumen

Hal pertama yang bisa membuat harga mobil bekas jatuh yakni apabila STNK hangus atau mati. Jika STNK tidak ada dan pajak mati maka ada pengurangan harga jual mobil setara dengan biaya perpanjangan atau pembuatannya.

 

Jarak tempuh

Mobil dengan jarak tempuh atau kilometer yang sudah tinggi juga bisa membuat harganya jatuh. Hal ini lantaran kilometer yang tinggi menandakan bahwa mobil tersebut sudah melakukan perjalanan jauh sehingga kondisi mesinnya pun sudah capek.

Baca juga: Tips Mendapatkan Cicilan Ringan Saat Beli Mobil Bekas

Kilometer yang dianggap wajar untuk mobil sedan yakni 10.000-12.000 kilometer per tahun, sedangkan untuk minibus (jenis MPV dan SUV) adalah 15.000-20.000 kilometer.

 

Warna mobil

Warna mobil juga menjadi faktor penyebab harga mobil bekas jatuh. Untuk segmen-segmen tertentu biasanya ada beberapa warna yang menjadi favorit dan banyak diminati.

Baca juga: Cara Jual Mobil Paling Mudah dan Pasti Untung

Seperti minibus, warna yang banyak diminati adalah hitam, putih, dan silver. Sedangkan city car yakni warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan putih. Di luar dari warna-warna tersebut biasanya harga jual akan lebih rendah.

 

Kondisi fisik

Hal selanjutnya yang bikin harga mobil bekas jatuh tentu saja kondisi dari mobil itu sendiri.

Dimulai dari sisi ekterios, semakin banyak baret maka harga semakin turun, terlebih jika ditemui bekas tabrakan. 

Bagian interior juga mempengaruhi harga jual mobil bekas. Sebab, ada anggapan jika interior terlihat tidak terawat, maka bagian lain juga tidak terawat. 

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Bagian-bagian interior juga cenderung lebih sulit dicari, sehingga apabila pemilik selanjutnya ingin melakukan penggantian perlu mengeluarkan biaya lebih.

Ada beberapa bagian interior yang menjadi fokus utama para mobil bekas hunter saat mengecek bagian interior, yakni jok, plafon, dan dashboard

 

Performa mesin dan kaki-kaki

Selanjutnya adalah kondisi mesin, kondisi eksterior dan interior yang mulus jika tidak diikuti dengan kondisi mesin yang baik juga akan membuat harga mobil bekas jatuh. 

Baca juga: Sering Ganti BBM Bisa Rusak Mesin Mobil

Misalnya mobil mengeluarkan asap, bunyi yang tidak wajar, hingga kondisi mesin yang tidak nyaman akibat pernah alami tabrakan atau terendam banjir.

Mobil dengan kondisi kaki-kaki yang masih prima juga akan lebih dihargai mahal dibanding yang sudah tidak dalam kondisi prima, seperti kaki-kaki yang sudah bunyi, oblak, bahkan timbul getaran. 

 

Modifikasi

Apapun jenis modifikasinya, akan membuat harga mobil bekas jatuh. Terlebih jika modifikasi dilakukan pada mesin dan kaki-kaki.

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Sebab mobil tidak lagi dalam kondisi standar pabrikan, sehingga untuk mengembalikan seperti semula akan membuat pemilik selanjutnya mengeluarkan banyak biaya.

 

Tips agar harga mobil tidak jatuh

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari harga mobil bekas jatuh. 

 

Hindari modifikasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa apapun jenis modifikasi yang dilakukan akan membuat harga mobil bekas jatuh, untuk itu sebaiknya hindari hal tersebut. Namun  untuk modifikasi minor seperti audio dan sarung jok masih boleh dilakukan.

 

Lakukan perawatan di bengkel resmi

Riwayat perawatan yang baik akan membuat harga mobil bekas terdongkrak, terlebih jika perawatan dilakukan di bengkel resmi. 

 

Gunakan mobil sesuai peruntukannya

Penggunaan yang tepat akan mempengaruhi performa mobil. Untuk itu, gunakanlah mobil sesuai peruntukannya. 

Baca juga: Odometer Digital Dipalsukan, Memangnya Bisa ya?

Sebagai contoh, mobil kecil seperti city car atau hatchback, sebaiknya jangan digunakan untuk mengangkut beban yang terlalu berat, sebab akan mengganggu performanya, alhasil saat akan dijual harga akan ikut anjlok.

 

Jual di area asal mobil

Sebaiknya jual mobil di area asal. Jika mobil tidak dijual di area asal, pemilik berikutnya harus mutasi dokumen sehingga membutuhkan biaya lebih untuk mengurusnya.

 

Jual 6 bulan sebelum STNK habis

Menjual mobil sebaiknya dilakukan jauh sebelum STNK habis, yakni sekitar 6 bulan sebelumnya. Dengan kondisi tersebut, pemilik selanjutnya merasa memiliki lebih banyak waktu untuk menabung dan mengurus balik nama.

 

Jual di momen yang tepat

Momen yang tepat juga akan mendongkrak harga jual mobil atau saat kondisi perekonomian nasional sedang bagus. Misalnya saat Lebaran atau akhir tahun di mana kebutuhan akan mobil bekas meningkat, tentunya harga jual juga akan lebih baik.

 

Jual mobil di mo88i

Nah, kalau mau dapat harga terbaik yang nggak bikin kantong nangis, jualnya di mo88i (dibaca: Mobi) aja! Kamu dijamin mendapat penawaran harga terbaik! Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat. Prosesnya juga mudah dan cepat. 

Baca juga: Tips Jual Mobil Masih Kredit Supaya bisa Upgrade

Bukan cuma itu, spesial bulan Mei 2022, jual mobil bekas di mo88i juga banyak promo dan bonusnya! Nantikan, ya!

Yuk jual mobil di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan