×

blog/kenali-4-gejala-rack-steer-rusak-yang-berbahaya-062022

Kenali 4 Gejala Rack Steer Rusak yang Berbahaya

27 Jun 2022

Rack steer rusak sebaiknya segera diatasi untuk menghindari kerusakan yang lebih jauh dan mengancam keselamatan serta membuat kamu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memperbaikinya mengingat rack steer merupakan komponen yang cukup mahal.

Rack steer sendiri adalah komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara kemudi dengan roda serta suspensi yang termasuk bagian dari kaki-kaki mobil. 

Baca juga: Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh

Artinya, apabila rack steer rusak, pengemudi akan kehilangan kendali dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Berikut beberapa hal yang menjadi gejala kerusakan pada rack steer.

 

1. Timbul suara pada bagian roda

Salah satu gejala rack steer rusak adalah munculnya suara seperti memekik atau berdengung pada bagian roda ketika mobil melaju dalam kecepatan rendah atau lambat.

Jika hal tersebut terjadi pada mobil kamu, ada baiknya segera memeriksakan mobil ke bengkel agar segera ditangani dengan tepat.

 

2. Adanya getaran pada setir 

Tanda rack steer rusak yang selanjutnya adalah apabila kamu mulai merasakan getaran pada setir. Getaran yang muncul saat kamu mengendarai mobil merupakan pertanda bahwa drive belt bermasalah.

Baca juga: Modifikasi Mobil Bekas Biar Up To Date

Drive belt membutuhkan tegangan yang tepat agar bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, periksa drive belt mobil kamu secara rutin untuk mencegah hal tersebut.

 

3. Setir terasa berat ketika dibelokkan

Setir yang terasa berat ketika dibelokkan juga menjadi gejala rusaknya rack steer. Mobil tidak bisa berjalan lurus meski setir sudah diluruskan dan roda akan berjalan sendiri ke kanan atau ke kiri. 

Bila tidak segera diatasi, hal ini akan membahayakan nyawa kamu dan pengguna jalan lainnya.

 

4. Gigi pinion dan harmonika tumpul

Gejala rack steer rusak yang terakhir adalah gigi pinion dan harmonika yang tumpul. Hal ini terjadi karena gigi pinion dan harmonika saling bergesekan akibat tidak adanya pelumasan akibat debu yang menempel saat setir dioperasikan.

Baca juga: Tips Jual Mobil Masih Kredit Supaya bisa Upgrade

Untuk menanganinya, gigi perlu dicor kembali agar membentuk gerigi-gerigi baru.Selain itu penahan oli juga perlu diganti yang baru khusus mobil yang masih menggunakan power steering model fluida. 

 

Penyebab kerusakan pada rack steer

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab semua gejala kerusakan tersebut. Apa saja?

 

Sering berkendara di jalan berlubang

Selain merusak suspensi, mobil yang kerap berkendara di jalan berlubang juga bisa membuat rack steer rusak. 

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Hal ini karena jalan yang berlubang akan menimbulkan guncangan yang besar terhadap kaki-kaki mobil terutama ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Alhasil, bushing rack pun robek dan kotoran mudah masuk sehingga bunyi memekik pun muncul.

 

Posisi ban tidak lurus ketika parkir

Posisi ban yang berbelok saat parkir juga akan membuat robeknya rack steer dan membuat kinerjanya lama kelamaan menurun. 

 

Setir diputar mentok dalam waktu lama

Pada saat berkendara atau parkir, kamu juga harus memperhatikan posisi setir. Ban yang berbelok otomatis setir juga dalam posisi tidak lurus. 

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka rack steer akan alami kerusakan. Efeknya adalah suhu pada karet pinion rack steer akan terus bertambah dan pada titik tertentu karet akan mudah sobek. 

 

Kerusakan power steering

Khusus power steering yang menggunakan sistem hidrolik, jika rusak seperti muncul rembesan oli maka dampaknya mempengaruhi rack steer

Minyak power steering yang kurang atau akibat tabung yang bocor akan mengurangi tenaga sehingga steer pun terasa berat. 

Untuk itu, yuk hindari hal-hal tersebut agar rack steer tidak alami kerusakan. Selain itu, bila merasakan adanya gejala rack steer rusak, jangan menunda untuk membawa mobil ke bengkel.

Baca juga: Promo mo88i for Newbie, Jual Mobil Dapat Subsidi Rp 2 Juta!

Menjaga kondisi mobil agar tetap prima bukan cuma bikin berkendara aman dan nyaman, namun juga untuk menjaga harga jualnya.

Mobil yang dijual dalam kondisi yang prima akan membawa keuntungan buat kamu. Apalagi kalau menjualnya di mo88i (baca: Mobi), kamu dijamin mendapat penawaran harga terbaik! 

Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat. Prosesnya juga mudah dan cepat. Bukan cuma itu, spesial bulan Juni 2022, jual mobil bekas di mo88i  bisa dapet subsidi hingga Rp 2 juta.

Baca juga: mo88i for Newbie, Trade-In Mobil Bisa Dapat Cashback Rp 4 juta!

Yuk jual mobil di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan