×

blog/istilah-jual-beli-mobil-biar-luwes-saat-main-ke-showroom-dan-negosiasi-052022

Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

10 Mei 2022

Selain menyiapkan dana dan informasi kondisi mobil incaran, ada beberapa istilah jual beli mobil yang perlu diketahui. Hal ini untuk memudahkan kamu dalam memahami tawaran dari sales dan bisa bernegosiasi dengan tepat

Nah, kalau tidak memahaminya, bisa dipastikan kamu akan kebingungan saat proses jual beli berlangsung. Tidak jarang ketidaktahuan pembeli dimanfaatkan oknum untuk berlaku curang demi meraup keuntungan yang tinggi.

Baca juga: Wajib dilakukan, Begini Perawatan Mobil Setelah Mudik

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut istilah jual beli mobil yang wajib kamu pahami.

 

Booking fee

Saat melakukan transaksi jual beli mobil, kamu akan sering mendengar kata booking fee. Istilah ini biasanya disampaikan penjual sebagai tanda jadi syarat atas keseriusan calon pembeli atau jika mobil masih dalam pre-order.

Jumlah booking fee-nya sendiri beragam, dan bisa dilakukan dengan cara transfer atau cash, tergantung keputusan dari pihak penjual.

 

SPK (Surat Pemesanan Kendaraan)

Surat Pemesanan Kendaraan atau yang lebih dikenal dengan SPK merupakan istilah jual beli mobil yang juga akan sering kamu dengar. 

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

SPK merupakan salah satu dokumen kendaraan yang akan kamu dapatkan dari pihak penjual setelah melunasi booking fee atau sebagai bukti telah resmi melakukan pemesanan mobil melalui pre-order.

Dokumen ini berisi beberapa perjanjian atau kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli, data diri lengkap pembeli serta informasi penting kendaraan. SPK juga biasa disebut Surat Pemesanan Mobil atau SPM.

 

DP (Down Payment)

Istilah jual beli mobil yang satu ini mungkin sudah tidak lagi asing di telinga kamu. Down Payment (DP) atau uang muka  merupakan uang muka yang wajib dibayar setelah melunasi booking fee untuk kendaraan yang sudah tersedia dan umumnya dilakukan jika membeli mobil dengan cara kredit.

Baca juga: Samsat Tutup Libur Lebaran, Bagaimana Cara Perpanjang STNK?

Besarannya tergantung kesepakatan dengan pihak penjual, biasanya lebih besar dari pada booking fee, yakni 25% hingga 30% dari total harga mobil.

 

TDP (Total Down Payment)

Selain DP, ada juga Total Down Payment atau TDP, yakni total jumlah keseluruhan DP ditambah dengan biaya provisi dan asuransi. TDP juga biasanya mengikutsertakan angsuran pertama.

 

On The Road dan Off The Road

Istilah jual beli mobil selanjutnya adalah harga On The Road atau OTR. Harga OTR artinya harga mobil tersebut sudah termasuk dengan biaya pengurusan STNK dan BPKB.

Baca juga: STNK Mobil Bekas Diblokir, Bagaimana Mengurusnya?

Biaya pengurusan STNK dan BPKB sendiri berbeda-beda di setiap daerahnya, begitupun harga OTR. Kebalikannya, harga Off The Road tidak termasuk dalam pembuatan surat-surat atau dokumen kendaraan tersebut.

 

Inden

Inden unit mobil incaran kamu tidak ready, sehingga harus mengantri dan menunggu produksinya terlebih dahulu. Biasanya inden ini biasanya jika kamu membeli mobil keluaran baru.

Sementara jika beli mobil bekas dan unitnya tidak tersedia, biasanya sales atau pihak showroom bisa mencarikan serta merekomendasikan mobil lain yang spesifikasi dan kondisinya sesuai dengan mobil incaranmu.

 

Asuransi TLO, all risk, dan kombinasi

TLO, all risk, dan kombinasi merupakan istilah jual beli mobil yang berkaitan dengan asuransi. TLO (Total Loss Only) adalah asuransi yang memberikan jaminan total pada mobil yang dibeli akibat kecelakaan dengan kerusakan 70% maupun pencurian.

Baca juga: Tips Memasang dan Aturan Roof Box yang Aman untuk Mudik

Kemudian all risk merupakan asuransi yang memberikan perlindungan untuk semua jenis kerusakan. Terakhir, sesuai dengan namanya, kombinasi merupakan jenis asuransi yang menggabungkan keduanya.

 

ADDM dan ADDB

Angsuran Dibayar Di Muka atau ADDM yakni pembayaran angsuran pertama dilakukan bersamaan dengan uang muka. Dengan begitu, jumlah tenor kredit berkurang satu bulan.

Sedangkan ADDB atau Angsuran Dibayar Di Belakang artinya pembayaran angsuran dilakukan pada saat jatuh temponya, sehingga pada saat membeli kamu hanya membayar uang muka dan tenor pinjaman akan tetap sesuai dengan kesepakatan dengan lembaga pembiayaan.

 

Angsuran dan tenor

Kedua istilah jual beli mobil yang satu ini saling berkaitan. Angsuran merupakan jumlah nominal yang harus kamu bayarkan setiap bulannya selama jangka waktu yang telah ditentukan. Nah, jangka waktu tersebut lebih umum dikenal dengan istilah tenor.

Baca juga: Begini Tips Biar Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh

Tenor pinjaman dapat berbeda tergantung dengan jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran. Semakin kecil nominal angsuran, semakin panjang pula tenornya.

Kalau sudah paham dengan istilah jual beli mobil, jangan lupa beli mobilnya di mo88i (dibaca: Mobi) aja, ya! Di mo88i ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang siap kamu bawa pulang. Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! 

Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan