×

blog/coating-mobil-bekas-mengapa-perlu-dan-apa-fungsinya

Coating Mobil Bekas, Mengapa Perlu dan Apa Fungsinya?

16 Mar 2022

Seiring pemakaiannya, warna cat mobil akan memudar, namun hal ini bisa diatasi dengan cara coating mobil.

Coating mobil merupakan proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga lapisan baru tersebut akan membuat cat mobil tampil lebih mengkilap, tidak kusam, bahkan mampu membuat mobil terlihat baru.

Tidak hanya itu, coating mobil juga mampu membuat bodi mobil serta permukaannya menjadi lebih tahan terhadap air dan jamur, melindungi mobil dari goresan atau baret halus, bahkan dari sinar UV, sehingga warna cat tidak cepat memudar.

Saat ini terdapat dua jenis coating yang tengah populer, yakni nano coating dan ceramic coating. Keduanya sama-sama berbahan dasar cairan bening silikon dioksida.

 

Coating pada mobil bekas

Nah, kalau kamu mau mobil bekas yang baru kamu beli tampil lebih ‘muda’ dan kinclong layaknya mobil baru, jenis perawatan yang satu ini wajib banget kamu jajal.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Apalagi, mengingat salah satu manfaatnya bisa mengembalikan warna cat seperti baru. Sebagai contoh, mobil berwarna putih lama-kelamaan akan menguning, bukan? Namun, dengan melakukan coating, mobil tersebut bisa kembali putih lagi, lho.

Jadi, meskipun mobil bekas, tampilannya nggak kalah dengan mobil baru, sama kinclongnya!

 

Harga coating mobil

Harga coating mobil sendiri berada di angka Rp 2 juta hingga Rp 8 juta, tergantung dimensi mobil serta lapisan coating yang diaplikasikan.

Semakin besar dimensi mobil maka akan semakin banyak lapisan coating-nya, sehingga biayanya akan semakin mahal.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Tapi, demi membuat tampilan mobil semakin kece, jelas worth it, kan?

 

Perawatan coating mobil

Setelah melakukan coating mobil, bukan berarti mobil bisa dibiarkan tanpa perawatan, ya. Biar mobil tetap terlihat baru setiap harinya, berikut perawatan yang perlu kamu lakukan setelah melakukan coating.


Rutin cuci mobil

Setelah melakukan coating, sebaiknya lakukan pencucian mobil minimal 2 minggu sekali. Pastikan kamu menggunakan shampo khusus mobil dengan PH 12. Sebab apabila menggunakan shampo dengan PH yang terlalu tinggi bisa membahayakan kualitas cat mobil.

Sedangkan apabila terkena hujan, cukup diguyur menggunakan air bersih dan lap hingga benar-benar kering. Sebab, setelah melakukan coating, cat mobil bersifat water repellent, sehingga air tidak mudah mengendap di pori-pori.

Baca juga: Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas


Pilih lokasi parkir yang tepat

Hindari memarkirkan mobil di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung, terlebih untuk waktu yang lama. Sebab sinar UV yang dipancarkan matahari akan mempengaruhi kualitas lapisan coating.


Lapisi dengan wax

Memberikan wax pada permukaan cat setiap dua minggu sampai sebulan sekali juga bisa membuat kinclong pada mobil lebih tahan lama. 

Cukup olesi sedikit lalu lap dengan microfiber yang bersih setelah mobil dicuci dan kering. Wax yang dipakai bisa jenis cairan yang di-spray atau pasta. 


Penggunaan lap

Sebaiknya gunakan lap berbeda pada panel atas dan bawah kaca dan bodi untuk menghindari timbulnya goresan. Jenis lap yang disarankan adalah microfiber yang dapat mengangkat kotoran untuk menghindari cat mobil dari gores halus.

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Setelah melakukan coating mobil, perawatan pada bodi juga akan lebih mudah. Kamu cukup mencuci mobil sendiri tanpa harus rutin melakukan perawatan ke salon mobil. 

Gimana? Mudah kan perawatannya? Sebelum melakukan coating, yuk beli dulu mobilnya di mo88i (dibaca: Mobi)

Kualitas mobil dijamin yang terbaik! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan