×

blog/cara-request-test-drive-mobil-bekas-di-mo88i

Cara Request Test Drive Mobil Bekas di mo88i

17 Mar 2022

Test drive mobil bekas jadi hal yang wajib kamu lakukan sebelum membeli dan membawanya pulang. 

Test drive merupakan cara paling ampuh untuk memastikan kondisi mobil masih layak atau tidak serta agar kamu terhindar dari potensi kerugian di masa mendatang datang, mengingat kondisi mobil bekas yang tidak sesempurna mobil baru.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Namun, test drive juga tidak bisa dilakukan sembarangan, harus teliti dan menyeluruh. 

Berikut beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan test drive menurut Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana.

 

Eksterior

Test drive mobil bekas bisa dimulai dari pemeriksaan eksterior. Lakukan pemeriksaan secara keseluruhan mulai dari bodi hingga mesin. 

Sebab meski mobil sudah mengalami pengecatan, biasanya gelembung-gelembung karat akan tetap terlihat, untuk itu diperlukan ketelitian saat memeriksanya.

 

Interior

Setelah eksterior, selanjutnya cek kondisi mobil dari sisi interiornya, mulai dari electric window, jok mobil, head unit, radio, audio, hingga AC. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Bila perlu, cobalah semua fitur yang ada tanpa terkecuali.

 

Teknis mobil

Nah, selanjutnya masuk ke bagian paling penting saat melakukan test drive mobil bekas, yakni dari sisi teknis, seperti electrical yang salah satunya meliputi lampu, kemudian cek kondisi kaki-kaki di jalan bergelombang atau berlubang.

Sedangkan jika mobil dalam keadaan diam, kondisi kaki-kaki bisa dicek dengan cara putar setir ke kiri atau kanan hingga full. Biasanya akan terlihat jika ada karet yang sobek atau sambungan baut yang kendor.

Baca juga: Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas

Pastikan saat mobil dijalankan, gas bekerja dengan mulus, begitupun remnya. Khusus mobil bertransmisi manual, kamu bisa memeriksa performa rem tangan dan kopling di jalan menanjak.

Saat melakukan test drive, semua panca indera harus bekerja, termasuk pendengaran. Dengarkan dengan seksama apakah mesin menimbulkan suara yang tidak normal, sebab hal tersebut menjadi pertanda kalau mobil bermasalah. Apalagi jika suara tersebut terdengar hingga ke dalam kabin.

Selain itu, oli yang merembes, timbunan oli di knalpot, serta asap putih yang keluar dari knalpot juga merupakan bahwa tanda mesin mobil bekas incaranmu tidak sehat.

 

Pemilihan waktu

Adji menyarankan, sebaiknya test drive jangan dilakukan pada jam ramai, sangat disarankan untuk melakukan test drive di pagi hari atau di sekitar jam 08.00-11.00.

Baca juga: Cara Negosiasi Mobil Bekas di mo88i

Hal ini karena pada waktu tersebut, polusi belum terlalu tebal sehingga kamu bisa melihat asap yang dihasilkan mobil bekas incaran dengan lebih jelas tanpa khawatir tercampur asap dari kendaraan lainnya. 

Selain itu, menghindari jam ramai bisa membuat kamu mendengar suara mesin lebih jelas.

 

Pemilihan lokasi

Ada 3 lokasi yang wajib dilintasi saat melakukan test drive, yakni tanjakan untuk mengecek pengereman dan kopling, jalan bergelombang dan berlubang untuk mengecek kondisi kaki-kaki, dan jalan yang lurus serta mulus untuk mengecek balancing ban.

 

Lalu bagaimana jika mobil bekas incaran ada di kota yang berbeda?

Kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada, yakni dengan melakukan live video call. Cara ini lebih disarankan dibandingkan melalui video rekaman untuk menghindari kondisi mobil yang dimanipulasi melalui video tersebut.

 

Cara test drive mobil bekas di mo88i

Intinya, jauh atau dekat, kamu tetap harus mengecek ulang kondisi mobil bekas sebelum benar-benar membelinya. Begitupun saat membelinya secara online.

Nah, kalau belinya di mo88i (dibaca: Mobi), test drive tetap bisa dilakukan meski dibeli secara online selama kamu memilih lokasi showroom yang terdekat dari lokasimu. 

Tenang, lokasi showroom mo88i tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia, kok! Cek lokasinya di sini, ya.

mo88i sangat menyarankan calon pembeli untuk melakukan test drive terlebih dahulu sebelum menyelesaikan transaksi dan membawanya pulang.

Caranya, pilih terlebih dahulu mobil impian kamu, lalu buat appointment melalui website atau aplikasi mo88i. Atau, kamu juga bisa klik button whatsapp, kemudian lengkapi data dan kamu akan dihubungi oleh tim mo88i.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Test drive bisa dilakukan dengan cara langsung datang ke showroom atau diantar ke rumah. Keduanya bebas biaya, kok. No booking fee!

Apabila sudah cocok dengan mobil, transaksi bisa diselesaikan secara langsung dengan sales sesaat setelah melakukan test drive untuk menghindari mobil ter-booking atau terbeli oleh calon pembeli lainnya. 

Pastikan kamu menyiapkan m-banking, ya. Sebab, demi keamanan customer, mo88i tidak menyiapkan metode pembayaran tunai atau cash.

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Nah, spesial bulan Maret 2022 ada TRIMA JADI, setiap melakukan pembayaran booking fee melalui website atau aplikasi sebesar Rp 3 juta, mo88i bakal kasih kamu saldo AstraPay senilai Rp 2 juta. Tidak cuma itu, kamu juga bisa dapetin asuransi TLO gratis selama 1 tahun.

Kalau kamu berminat upgrade ke asuransi All Risk, ada voucher car detailing senilai Rp 5 juta rupiah dan saldo AstraPay yang menanti, lho! 

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan