×

blog/cara-mudah-merawat-transmisi-mobil-manual-dan-otomatis-042022

Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis

18 Apr 2022

Terdapat perbedaan cara merawat transmisi mobil manual dan otomatis. Hal ini lantaran keduanya memiliki cara kerja yang berbeda pula.

Transmisi sendiri adalah komponen atau sistem pada mesin yang berfungsi untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar sehingga kendaraan bisa bergerak. 

Baca juga: Cara Mengelola Uang THR Agar Lebih Hemat saat Beli Mobil

Lalu, apa yang membedakan transmisi manual dan otomatis?

 

Transmisi otomatis

Secara pengoperasian, transmisi otomatis atau automatic transmission memang lebih mudah, hal ini lantaran sistem perpindahan giginya yang terjadi secara otomatis dan menyesuaikan tekanan pedal gas.

Tidak heran mobil bertransmisi otomatis menjadi pilihan banyak pengemudi pemula yang masih dalam tahap belajar.

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas di Bulan Ramadan Waktu yang Pas?

Secara umum, adai 5 kode transmisi otomatis yang dilambangkan dengan huruf pada tuasnya, apa saja?

1. N (neutral), yang menunjukkan mobil dalam kondisi netral dan bisa digunakan sat mobil berhenti cukup lama seperti saat macet

2. P (park), posisi ini akan membuat mobil terkunci dan digunakan dalam dalam 

3. R (reverse), kode ini digunakan ketika mobil hendak mundur

4. D (drive), sesuai namanya, arti kode ini adalah untuk melajukan mobil

5. D1 atau L (low), posisi tuas ini digunakan untuk melewati jalan menanjak

Namun, transmisi otomatis juga memiliki kekurangan, yakni akselerasi yang lebih lemah dibandingkan transmisi manual, alhasil membuatnya kesulitan menanjak.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Selain itu, mobil dengan transmisi otomatis juga tidak memiliki engine brake yang bagus,  sehingga pengemudi harus lebih berhati-hati ketika berada di jalanan menurun. 

Konsumsi bahan bakarnya juga lebih boros dan lebih sering memerlukan penggantian oli.

 

Cara merawat transmisi mobil otomatis

Mobil bertransmisi otomatis memanfaatkan tekanan oli dan Torque Converter untuk menggerakkan perpindahan gigi. 

Dengan kata lain, Torque Converter menggantikan kopling mekanis dan seluruh komponen yang berada di dalam transmisi terendam oli, sehingga pelumas memegang peran penting dalam menjaga performa transmisi otomatis.

Baca juga: Jelang Ramadan, Ini Harga Mobil Bekas Rp 100 Jutaan

Pengoperasiannya juga harus benar agar tidak memicu kerusakan, yakni saat mobil berhenti seperti di tengah kemacetan atau lampu merah, pastikan posisi tuas tidak berada di di posisi drive, melainkan neutral agar kanvas kopling tidak bergesekan secara berlebihan.

Selain itu panaskan mobil sebelum dikendarai agar performanya tetap prima. Namun, saat memanaskan pastikan tuas berada pada posisi neutral.

 

Transmisi manual

Kebalikannya, secara pengoperasian transmisi ini cenderung lebih rumit dan terasa lebih melelahkan terutama saat kondisi macet, karena pengemudi harus benar-benar menghafal penggunaan rem, kopling, gas dan juga posisi tuas-tuasnya.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

Transmisi ini bekerja berdasarkan rasio roda gigi. Mengubah rasio roda gigi akan mengubah output kecepatan. Maka dari itu pengemudi perlu memahami perpindahan gigi mobil manual dengan baik, di sini dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi terlebih jika belum terbiasa.

Meski pengoperasiannya rumit, mobil dengan transmisi manual memiliki akselerasi yang lebih baik, bahan bakar yang lebih irit, serta biaya perawatan lebih terjangkau.

Masih bimbang mau pilih transmisi yang mana? Simak dulu yuk cara merawat transmisi mobil berikut ini!

 

Cara merawat transmisi mobil manual

Bagian pertama yang wajib dirawat adalah kopling mekanis. Hindari kebiasaan buruk seperti tidak menekan pedal kopling secara benar saat perpindahan gigi atau kasar saat melepas dan menekan.

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding Beli Mobil Baru

Kopling mekanis menjadi bagian pertama yang wajib dirawat. Kebiasaan buruk seperti tidak menginjak pedal kopling dengan benar saat perpindahan gigi sebaiknya dihindari

Bukan cuma itu, hindari juga kebiasaan menahan setengah kopling saat di tanjakan dan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil melaju, karena hal tersebut hanya akan mempercepat keausan pada kampas kopling.

Jangan lupa untuk menjaga kualitas oli transmisi, serta menggantinya secara teratur.

Baca juga: Cara Mengurus Blokir STNK Mobil Online

Sebab, oli transmisi berfungsi sebagai pelumas gigi transmisi, synchromesh, dan komponen lain di dalam rumah transmisi, sehingga transmisi lebih awet, gigi transmisi terlindungi dengan baik, serta perpindahan gigi terasa lebih mudah.

Jadi, yang mana nih pilihan kamu? Transmisi manual atau otomatis? Apapun pilihannya, belinya di mo88i (baca: mobi) aja, ya! Pilihannya banyak dan dijamin aman!

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan