×

blog/beli-mobil-bekas-berkualitas-mobil-baru-memang-bisa

Beli Mobil Bekas Berkualitas Mobil Baru, Memang Bisa?

08 Mar 2022

Peminat mobil bekas bisa dikatakan hampir tidak pernah sepi, apalagi sekarang mobil bekas berkualitas sudah bukan lagi barang langka, asalkan kamu memilihnya dengan cerdas.

Mobil bekas sendiri dipilih banyak orang karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu menunggu dokumen seperti layaknya mobil baru.

Tapi, ada tantangan yang menanti nih kalau kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas, yakni kamu harus lebih jeli dan teliti jika ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas. 

Baca juga: Cara Jual Mobil Paling Mudah dan Pasti Untung

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu bisa memiliki mobil bekas yang kualitasnya layaknya mobil baru, bagaimana ya caranya? 

 

Cek eksterior, interior, dan mesin

Menurut Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana, pengecekan terhadap kondisi mobil harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari eksterior, interior hingga ke mesin.

Mulai dari eksterior, hal yang wajib diperiksa adalah pastikan rangkanya aman dan bodi tidak ada yang keropos, serta kondisi ban dan velg masih bagus. Pastikan pula bagian elektrikal seperti lampu bekerja dengan baik.

Kemudian dari sisi interior, pastikan tidak ada indikasi bekas banjir, seperti sisa-sisa lumpur di balik karpet dan karet, dan bau apek yang tertinggal pada jok. Audio, AC, hingga electric car window juga harus bekerja dengan baik. 

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Sementara itu pada sisi mesin, tidak ada cairan oli dan radiator yang rembes apalagi bocor. Jangan lupa untuk hidupkan mesin lalu dengarkan dengan seksama, apakah timbul bunyi yang tidak wajar pada mesin.

Dalam keadaan idle, mesin yang kondisinya normal suaranya halus, tidak terdengar adanya decitan dari fan belt apalagi bunyi gesekan antar komponen yang terbuat dari besi.

 

Mengetahui mobil bekas terendam banjir dan tabrak

Untuk mengetahui apakah mobil bekas banjir atau tidak, biasanya ditandai dengan karat. Coba perhatikan bagian baut yang ada di rem tangan, jika sudah basah atau berkarat, besar kemungkinan mobil pernah terendam banjir.

Baca juga: Jual Mobil dan Tukar Tambah Tinggal TRIMA JADI? Bisa Banget di mo88i!

Sedangkan apabila mobil pernah alami tabrakan, ada beberapa cara untuk mengeceknya. Salah satu yang paling sederhana adalah dilihat dari kursinya, apabila ada bekas patah maka besar kemungkinan pernah alami kecelakaan.

Ada baiknya kamu membawanya ke bengkel resmi untuk melakukan general check. Tenang, beli mobil bekas di mo88i (dibaca: mobi) bisa lihat langsung, kok! Kamu juga diperbolehkan membawanya ke bengkel untuk melakukan general check.

 

Kelengkapan dokumen

Kamu tentu tidak mau membawa pulang mobil yang bermasalah? Untuk itu, periksa dengan teliti kelengkapan dokumen mobil bekas incaranmu.

Menurut Adji, selain STNK dan BPKB, dokumen yang harus dipastikan kelengkapan dan keasliannya adalah faktur. Pastikan juga nomor rangka dan nomor mesin sesuai atau tidak antara fisik dan dokumen. 

Baca juga: Beli Mobil Bekas TRIMA JADI dan Dikasih Bonus Rp 3 Juta? Ya Cuma di mo88i!

Khusus mobil impor atau CBU, harus dilengkapi pula dengan Form A dan kuitansi bermaterai yang merupakan bukti pembelian mobil yang sah. 

Terakhir, jangan segan untuk memeriksa riwayat servis. Sebab, riwayat servis merupakan salah satu acuan bahwa mobil terawat dengan baik.

 

Angka kilometer dan umur mobil

Angka kilometer mobil juga bisa menjadi salah satu acuan kondisi mobil, namun sifatnya tidak mutlak. Banyak yang beranggapan kalau semakin kecil angka kilometer maka semakin baik pula kondisi mobil. 

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. “Angka kilometer pada mobil harus dicocokan pula dengan tahun dan kondisi fisik. Apabila angka kilometer kecil namun tahunnya sudah kelamaan, dan tidak sesuai dengan kondisi fisik, maka patut dicurigai”, terang Adji. 

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Lebih Baik Pilih TLO atau All Risk?

Untuk itu, agar lebih yakin, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan teliti untuk memastikan apakah mobil tersebut merupakan mobil bekas berkualitas.

Sedangkan untuk usia mobil, sebaiknya pilihlah yang di bawah 5 tahun, hal ini terkait kualitas dan kondisinya. Namun bukan berarti mobil bekas di atas 5 tahun sudah tidak layak pakai, selama terawat dengan baik, maka usia tidak jadi masalah.

Bagaimana? Sudah siap menunggangi mobil bekas berkualitas mobil baru? Beli mobil bekas di mo88i aja! Dijamin aman dan prosesnya cepat! 

Semua unit mobil bekas di mo88i dijamin yang terbaik, tidak pernah terendam banjir dan tabrakan berat yang mengubah struktur mobil, odometer asli, serta dokumennya asli dan sesuai.

Yuk beli mobil bekas di mo88ii sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan