×

blog/apakah-bulan-ramadan-waktu-jual-mobil-yang-tepat-042022

Apakah Bulan Ramadan Waktu Jual Mobil yang Tepat?

11 Apr 2022

Jika kamu sedang bingung kapan waktu jual mobil yang pas, memanfaatkan momen Ramadan hingga menjelang Lebaran nanti bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pada momen tersebut, kebutuhan masyarakat akan mobil memang meningkat. Ada yang butuh mobil untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan, ada pula yang membutuhkannya untuk mengangkut keluarga saat mudik Lebaran nanti.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Departemen Marketing Mobil88, Adji Yuwana yang mengungkapkan bahwa meningkatnya kebutuhan akan mobil di bulan Ramadan mampu membuat harga jualnya ikut terdongkrak.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Harga jual mobil bekas bisa naik mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta saat Ramadan, tergantung tipe mobil serta kemana kamu menjualnya.

Selain itu, mobil berpotensi lebih cepat laku, apalagi jika mobil yang dijual merupakan tipe family car dengan kapasitas dan kabin yang luas seperti MPV. Pasalnya, menurut Adjie, tipe tersebut merupakan tipe yang paling banyak diincar.

Jadi, kalau mau untung jangan lewatkan waktu jual mobil yang satu ini, ya! Tapi, sebelum itu, simak dulu tips menjual mobil di bulan Ramadan dari Adji Yuwana, berikut ini!

 

Waktu jual mobil yang tepat

Bulan Ramadan memang panjang, seperti bulan-bulan lainnya, terdapat 30 hari di dalamnya. Namun menurut Adjie, waktu jual mobil yang pas saat Ramadan adalah pada 10 hingga 15 hari pertama.

Baca juga: Cara Jual Mobil Paling Mudah dan Pasti Untung

Hal ini karena semakin mendekati Lebaran, banyak orang yang sudah berangkat mudik. 

 

Kondisi mobil sehat

Mobil yang dibeli saat Ramadan biasanya akan dipakai untuk mudik, sehingga pembeli cenderung memilih mobil siap pakai dengan keadaan yang sehat dan layak, mengingat mobil akan dipakai untuk perjalanan yang panjang.

Untuk itu, sebelum menjualnya, pastikan mobil kamu dalam keadaan yang prima. Hal ini bertujuan agar mobil kamu ditawar dengan harga yang tinggi serta lebih cepat terjual.

 

Pajak hidup, dokumen aman

Mengendarai mobil dengan pajak yang mati bukanlah tindakan yang bijak, apalagi jika digunakan untuk perjalanan lintas kota bahkan provinsi. Pembeli jelas akan menghindari mobil dengan kondisi tersebut.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Lebih Baik Pilih TLO atau All Risk?

Maka dari itu, pastikan pajak mobil tidak mati sebelum menjualnya. Namun jika kamu tidak memiliki dana untuk mengurus pajaknya, kamu bisa menurunkan harga jual mobil sebagai bentuk kompensasi kepada pembeli.

 

Perbanyak iklan

Ingat, yang memanfaatkan momen Ramadan untuk menjual mobilnya bukan cuma kamu, artinya kamu memiliki banyak saingan.

Untuk itu, agar lebih cepat laku, jangan hanya memanfaatkan satu channel untuk mempromosikan mobil kamu. Kamu juga bisa langsung datang ke showroom untuk mempersingkat prosesnya.

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas di Bulan Ramadan Waktu yang Pas?

Gunakanlah lebih dari satu channel agar lebih banyak orang yang melihat mobil kamu, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, atau marketplace. Pastikan juga kamu memasang foto yang menarik, ya.

 

Harga sesuai pasaran

Harga merupakan faktor paling penting ketika hendak membeli atau menjual sebuah barang, tidak terkecuali mobil. Untuk itu, jangan semata-mata demi mendapatkan keuntungan besar, kamu mematok harga yang terlampau tinggi dan jauh dari harga pasar.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harga Mobil Bekas Naik di Bulan Ramadan?

Sebab hal tersebut justru akan membuat mobil kamu lebih lama terjual. Oleh karenanya, perbanyak riset agar tidak salah menentukan harga.

 

Waspada terhadap penipuan

Kejahatan tidak hanya datang dari penjual mobil, untuk itu sebaiknya waspada terhadap pembeli yang hanya berpura-pura ingin membeli mobil kamu.

Jika ada pembeli yang berniat menyambangi mobil kamu, pastikan kamu berada di lokasi, ya. Dengan kata lain, hindari menyerahkannya kepada orang lain yang dirasa tidak terlalu kompeten, meskipun itu orang rumah sekalipun.

Baca juga: Tangkap TEBAR KETUPAT, Beli Mobil Bekas di mo88i Hemat hingga Rp 50 Juta!

Selain itu, hindari transaksi secara cash atau tunai. Sebaiknya lakukan dengan cara transfer untuk menghindari uang palsu atau jumlah uang yang tidak sesuai. Membawa uang tunai dalam jumlah yang besar juga berpotensi terjadi perampokan.

Melakukan transaksi secara transfer juga perlu hati-hati, pasalnya saat ini banyak penipu yang melancarkan aksinya dengan memalsukan bukti transfer.

Kemudian, hindari melakukan proses jual beli atau test drive di area pembeli untuk menghindari tindak kejahatan seperti mobil dibawa kabur oleh pembeli dan kawanan yang dibawanya tanpa kamu ketahui.

Baca juga: TEBAR KETUPAT Promo Ramadan mo88i, Jual dan Tukar Tambah Mobil Kejutannya Berlipat!

Kalau mau lebih aman, jualnya di mo88i (dibaca: Mobi) aja! Selain aman, prosesnya juga mudah dan cepat. Kamu juga dijamin mendapat penawaran harga terbaik! Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat.

Bukan cuma itu, jual mobil bekas di mo88i juga ada KEJUTAN BERLIPAT! Spesial Ramadan 2022, buat kamu yang mau jual mobil di mo88i ada free inspeksi dari rumah dan THR sebesar Rp 3 juta!

Tunggu apalagi? Yuk jual mobil bekas di mo88i sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan