×

blog/alasan-bbm-mobil-lcgc-harus-memakai-ron-92-082022

Alasan BBM Mobil LCGC Harus Memakai RON 92

02 Agu 2022

Ternyata, BBM mobil LCGC dianjurkan untuk memakai RON 92 seperti Pertamax. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Penggunaan RON 92 sebagai BBM mobil LCGC ditujukan untuk mengejar emisi gas buang rendah serta untuk efisiensi konsumsi BBM.

Banyak yang beranggapan kalau semakin terjangkau harga sebuah mobil mobil, artinya semakin cocok dengan bahan bakar beroktan rendah. 

Baca juga: Harga Pertalite 2022 dan Cara Membelinya Lewat Aplikasi MyPertamina

Alhasil, banyak pengguna LCGC yang membiarkan mobilnya menenggak BBM di bawah RON 92. Meski lebih terjangkau, penggunaan BBM di bawah RON 92 seperti Pertalite justru memiliki banyak kerugian. 

Sebagai informasi, saat ini harga Pertamax (RON 92) dibanderol Rp 12.500 per liter. Sedangkan harga Pertalite (RON 88) dibanderol Rp 7.650 per liter.

 

Dampak penggunaan BBM mobil LCGC yang tidak sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai kompresi bisa jadi dalang berbagai kerusakan, seperti mesin mobil ngelitik, bahan bakar boros, hingga performa yang tidak optimal dan loyo. 

Komponen di ruang bakar pun cepat rusak akibat pembakaran yang tidak sempurna dan panas yang ditimbulkan berlebihan.

Baca juga: 8 Penyebab Mobil Boros Bensin, Apa Saja?

Bukan cuma menyebabkan kerusakan, beberapa produsen LCGC pun mengeluarkan kebijakan yang akan menggugurkan garansi bila terjadi kerusakan mesin yang terbukti disebabkan penggunaan bahan bakar minyak dengan RON di bawah 92.

Perlu diketahui, mobil LCGC memiliki kompresi mesin yang tinggi, yakni di atas 10:1, sehingga untuk membuat dapur pacunya bekerja optimal dan konsumsi bahan bakar efisien, pemilihan BBM harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan, yakni minimal RON 92. 

Dengan begitu, mobil jadi lebih responsif, performanya optimal, gas buangnya juga rendah emisi. Perawatan mesin juga akan lebih mudah dan tidak menguras kantong karena pembakaran yang sempurna menjadikan ruang bakar bersih.

Baca juga: Perbedaan Spooring dan Balancing untuk Ban Mobil

Selain itu, BBM RON 92 ke atas mengandung aditif yang berguna untuk membersihkan kerak di ruang bakar itu sendiri. 

Jadi, meski harga Pertalite lebih terjangkau dibandingkan harga Pertamax, demi performa dan keawetan mobil kamu, sebaiknya gunakan Pertamax, ya.

 

Regulasi LCGC

Selain untuk menunjang performanya, Pemerintah sendiri juga telah menerbitkan regulasi khusus yang mengatur penggunaan LCGC melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (PPKB). 

Baca juga: Perbedaan Apple CarPlay dan Android Auto

Dalam aturan tersebut, dijelaskan bahwa mobil LCGC harus memenuhi berbagai ketentuan, diantaranya konsumsi BBM minimal 20 km/liter, kubikasi mesin maksimal 1.500 cc, serta jenis BBM yang diminum harus memenuhi spesifikasi RON 92 (bensin) atau CN 51 (diesel).

Sementara aturan tentang penggunaan minimal bahan bakar minyak RON 92 juga tertulis dalam Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi No. 25/IUBTT/PER/7/2013 tentang Petunjuk Teknis PPKB. 

Ketentuan itu tertera pada Bab II TAHAPAN Nomor 3a dan wajib dipenuhi merek LCGC agar mendapat fasilitas keringanan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Baca juga: Tips Mengemudi Hemat BBM saat Perjalanan Jauh

Untuk itu, buat para pengguna LCGC, pastikan kamu tidak salah memilih jenis bahan bakar ya. Meski harga BBM RON 92 lebih mahal, tapi akan jauh lebih mahal memelihara LCGC dengan mesin yang kerap bermasalah. 

 

Cara merawat mobil LCGC

Selain BBM mobil LCGC, spesifikasi oli yang digunakan juga harus diperhatikan. Pasalnya, mesin LCGC memiliki ruang bakar dengan piston yang kecil dan padat, sehingga jarak antar komponen di dalam mesin pun sangat rapat. 

Untuk itu, pemilik mobil LCGC wajib memperhatikan jenis oli yang digunakan agar rapatnya komponen mesin dapat dilumasi secara maksimal. Penggantian oli juga harus dilakukan secara teratur.

Baca juga: Mobil Jarang Servis Berkala? Ini Bahaya yang Mengintai

Sebab, ketika mobil digunakan secara terus-menerus di suhu panas dan dengan kondisi jalanan yang padat, diperlukan pelumas berkualitas yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin, sehingga gejala overheat bisa dicegah.

Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk lakukan perawatan menyeluruh secara berkala. Tentunya, kamu tidak mau kan mengendarai mobil dengan performa yang buruk? Jadi, jangan sampai lewatkan jadwal servis, ya!

Servis berkala juga bisa bisa bikin kamu lebih untung ketika hendak menjualnya di kemudian hari. 

Baca juga: 10 LCGC Toyota Bekas Cocok Buat Harian dan Keluarga Kecil

Apalagi kalau jualnya di mo88i (baca: Mobi), kamu dijamin mendapat penawaran harga terbaik! Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat. Prosesnya juga mudah dan cepat. 

Yuk jual mobil di mo88i sekarang! Kamu juga bisa mengakses mo88i melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan